Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pembangunan Pelabuhan Pangkalpinang Dinilai Wali Kota Pangkalpinang Berkat Dukungan Gubernur Babel

Pemerintah Kota Pangkalpinang sudah menganggarkan dana tahap pertama untuk pembangunan Pelabuhan Pangkalbalam, dengan anggaran sebesar Rp 500 juta.

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: nurhayati
youtube
Wali kota Pangkalpinang, Maulan Aklil 

POSBELITUNG.CO --   Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) mengatakan Pemerintah Kota Pangkalpinang sudah menganggarkan dana tahap pertama untuk pembangunan Pelabuhan Pangkalbalam, dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp 500 juta.

"Jadi kita dari feasibility study (FS) kemarin Kota Pangkalpinang sudah menyiapkan dananya sekitar Rp 500-an juta dari kita, terus hibah tanahnya juga 4,5 hektar dari Kota Pangkalpinang, terus dana dari APBN Rp 150 Miliar itu juga diturunkan ke KSOP kita," jelasnya kepada Bangkapos.com, Kamis (14/1/2021).

Molen menyebutkan, Pelabuhan Pangkalbalam yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan merupakan proses sinergitas antara pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Pangkalpinang.

"Kita berterimakasih kepada pak gubernur yang sudah membantu kita, sehingga pelabuhan ini kita harapkan sama-sama terjadi. Ya kami menginisiasi dari awal biar pelabuhan ini terlaksana dengan baik berkatdukungan dari pak gubernur," ungkap Molen.

Menurutnya, terkait beberapa hal, gubernur yang ingin melakukan reklamasi, pendalaman, itu bukan domain pihaknya.

"Jadi itu perizinan untuk pengerukan di situ sesuai dengan aturanya 0-12 mill adalah domainnya provinsi jadi kami tidak ikut-ikutan itu, tapi kami sangat beterimakasih sekali pelabuhan ini berkat dukungan provinsi. Yang penting itu pelabuhan ini jadi untuk masyarakat Bangka Belitung ya," kata Molen.

Di tahun 2021 ini, kata Molen pengerjaan pelabuhan akan mulai membuat ground breakingnya dulu.

"Kita tahun 2021 ini bikin ground breaking, jadi ada master plan kita mana yang skala prioritas kita bangun. Nanto dari Rp 150 miliar itu nanti dari dari  ground breaking tiang-tiang pancang, Pangkalpinang sekali lagi juga membangun jalan sampai tembus ke Hotel Serata dulu," ungkapnya.

Menurutnya, jika nanti pelabuhan sudah selesai ekspor seperti Getas Tani yang kemarin ekspor ke Singapura dapat lebih mudah.

"Semuanya langsung, ekspor ikan langsung, ekspor getas langsung, kemplang, cumi, lada kita, semuanya. Bisnis to bisnis nah ini yang sangat diuntungkan oleh pengusaha-pengusaha  kita," sebutnya.

Molen menilai, dengan pembangunan Pelabuhan Pangkalbalam yang baru tentu akan menambah semangat baru di Kota Pangkalpinang.

"Pelabuhan baru di Kota Pangkalpinang ini nantinya akan menjadi barometer perekonomian, penunjang dan pendorong tumbuhnya ekonomi di Kota Pangkalpinang khususnya dan di Bangka Belitung umumnya," jelasnya.

Dia berharap, pembangunan pelabuhan terus berlanjut dan perhatian pemerintah pusat serta kerja sama dengan pihak ketiga agar dapat membangun pelabuhan yang menjadi kebanggaan semua masyarakat.

"Ini akan jadi pendongkrak, triger ekonomi di pulau Bangka Belitung kita ini," sebut Molen.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved