Breaking News:

Berita Belitung

Talud Karung Berisi Pasir Tidak Mampu Tahan Debit Air, Perumahan Billiton Regency Banjir

Azhari mengatakan, banjir yang melanda puluhan rumah pada area Perumahan Billiton Regency, diduga akibat air kiriman dari tiga kampung.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Banjir yang melanda puluhan rumah di perumahan Billiton Regency, Desa Aik Raya, Tanjungpandan, Rabu (14/1/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Ketua RT 43 Desa Aik Raya, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung Azhari mengatakan, banjir yang melanda puluhan rumah pada area Perumahan Billiton Regency, diduga akibat air kiriman dari tiga kampung.

Air kiriman dari Air Seruk, Air Rembikang, dan Kelapa Kera, sehingga membuat kolong maupun aliran sungai pada daerah tersebut meluap, dan masuk kerumah warga.

"Ada talud pakai karung isi pasir di pinggir sungai itu sudah dipasang, tapi tidak bisa menahan mungkin, karena debit air nya besar. Apalagi tanggul itu tidak permanen, sudah pasti di dorong air," kata Azhari kepada Posbelitung.co, kamis (14/1/2021).

Apabila hanya hujan sepintas, menurutnya tidak akan membuat air di sungai tersebut meluap, dan masuk ke rumah warga.

"Ini hampir seperti tahun 2016 lalu, parah juga. Kalau hujan hujan sedang atau sedikit tidak akan masuk kerumah warga, tapi ini parah," ungkap Azhari.

Warga terdampak banjir kini sudah ngungsi kerumah keluarga mereka, tidak ada korban jiwa pada peristiwa banjir tersebut. Personil Satpolairud Polres Belitung sudah stand by di lokasi.

Banjir yang melanda puluhan rumah di perumahan Billiton Regency, Desa Aik Raya, Tanjungpandan, Rabu (14/1/2021)
Banjir yang melanda puluhan rumah di perumahan Billiton Regency, Desa Aik Raya, Tanjungpandan, Rabu (14/1/2021) (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Debit Air Meningkat, Warga Mengungsi

Puluhan rumah di RT 43 dan RT 41, Desa Aik Raya, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Rabu (14/1/2021) kebanjiran.

Warga di area pemukiman ini, sudah mulai membereskan berbagai barang berharga punya mereka, dan langsung memilih untuk mengungsi.

"Semua sudah ngungsi, semua ngungsi ke jauh-jauh, rumah saudara-saudara mereka lah. Tadi pagi sudah ngungsi semua," kata Ketua RT 43 Desa Aik Raya Azhari kepada Posbelitung.co, Kamis (14/1/2021).

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved