Breaking News:

Banjir Belitung

Beragam Penyakit Intai Korban Banjir, Ini Langkah Antisipasi yang Harus Dilakukan

Setelah banjir, beragam penyakit mengintai korban banjir. Di antaranya flu, penyakit kulit seperti gatal-gatal, hingga penyakit yang menyebabkan

posbelitung.co
Warga korban banjir di Kulong Sampan, Desa Aik Rayak, Tanjungpandan, Jumat (15/1/2021). (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Setelah banjir, beragam penyakit mengintai korban banjir. Di antaranya flu, penyakit kulit seperti gatal-gatal, hingga penyakit yang menyebabkan gangguan pencernaan semisal diare dan tipes. Hal tersebut rawan terjadi akibat air kotor dari banjir.

"Tipes bisa terjadi karena air kotor sehingga tercemar bakteri salmonella typhosa. Ini termasuk penyakit saluran pencernaan yang rawan," ujar Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono, Jumat (15/1/2021).

"Walaupun banjir harus menjaga personal hygiene atau kebersihan diri," imbuhnya.

Menurut dia, korban banjir harus tetap mandi dan minum dari sumber air bersih. Serta memastikan makanan dan minuman tidak tercemar.

Nanti setelah banjir, sumber air seperti sumur gali maupun sumur bor harus dikuras dan dibersihkan, lalu diberi kaporit supaya tidak ada kuman.

"Kalau rumah kebanjiran, segala peralatan rumah tangga harus dicuci dan dibersihkan semua jangan sampai ada kuman yang menyebabkan penyakit kulit dan diare," ujar Joko.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)
 

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved