Breaking News:

Banjir Belitung

Rumah Terdampak Banjir di Billiton Regency, Meluas Jadi 29 Unit

Banjir pada Perumahan Billiton Regency Desa Aik Raya, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Jumat (15/1/2021) mulai meluas.  Sekarang ini,

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Kondisi banjir di Perumahan Billiton Regency, Desa Aik Raya, Tanjungpandan, Belitung, Jumat (15/1/2021).(Posbelitung.co/Disa Aryandi) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Banjir pada Perumahan Billiton Regency Desa Aik Raya, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Jumat (15/1/2021) mulai meluas.  Sekarang ini, banjir sudah melanda sekitar 29 unit rumah pada RT 43 dan 41 Desa Aik Rayak tersebut.

"Kalau kemarin kan di RT saya (43) baru 21 rumah, sekarang sudah 27. Belum di RT sana (RT 41 ada sekitar dua rumah dan RT 42 beberapa rumah). Ada mungkin sekitar 35 rumah lah," kata Ketua RT 43 Azhari kepada Posbelitung.co, Jumat (15/1/2021).

Hingga sekarang, tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini. Sebagian warga sudah mengevakuasi barang - barang berharga mereka, dan mengungsi ke rumah tetangga maupun keluarga mereka.

"Tadi juga sudah ada orang Puskemas kesini, bagi masker dan memeriksa kesehatan penduduk. Kalau bantuan makanan sih banyak dari relawan, tidak kekurangan," ujarnya.

Ia menyarankan, solusi banjir jangka panjang untuk di daerah ini dan pemukiman di Desa Aik Raya pada umumnya, harus dibangun pintu air.

Pintu air ini harus dibangun di Jalan Bicong (lurus danau biru), tepatnya pada jembatan. Pintu air ini, sangat membantu mengatur debit air kiriman dari Air Seruk, Air Rembikang, dan Kela Kera.

"Ini semua air kiriman dari sana, tumpukan air dari sana kesini. Kalau ada pintu air itu bisa di tahan, dan debit air bisa diatur dari sana. Jadi kalau hanya di bandar disini saja masih kurang, pintu air itu terpenting," jelasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved