Breaking News:

Gladi Bersih Pelantikan Biden Bubar, Aparat Tutup Sementara Gedung Capitol & Evakuasi Peserta Acara

Insiden kebakaran yang terjadi sekitar 1,6 kilometer dari gedung parlemen AS mengganggu gladi bersih pelantikan Joe Biden.

(AFP PHOTO/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/Andrew Harnik/POOL)
Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden bersama istrinya, Dr Jill Biden, melambaikan tangan ke arah suporter setelah memberikan pidato dari Chase Center di Wilmington, Delaware, pada 7 November 2020. Akibat insiden kebakaran sekitar 1,6 kilometer dari gedung parlemen, acara gladi bersih pelantikan Biden terhenti. 

Gladi Bersih Pelantikan Biden Bubar, Aparat Tutup Sementara Gedung Capitol & Evakuasi Peserta Acara

POSBELITUNG.CO - Kompleks Gedung Capitol AS di Washington, DC, ditutup sementara karena kekhawatiran keamanan, pada Senin (18/1/2021) melansir Al Jazeera.

Terjadi kebakaran di perkemahan tunawisma sekitar 1,6 kilometer (satu mil) dari gedung parlemen AS tersebut.

Insiden itu menimbulkan asap yang membumbung tinggi ke udara, sehingga meningkatkan kekhawatiran di kompleks yang tengah menjalankan latihan untuk pelantikan Presiden Terpilih Joe Biden.

Namun kemudian aparat penegak hukum memastikan tidak ada ancaman bagi publik, dan kebakaran tersebut diyakini tidak mengancam pelantikan.

“Evakuasi beberapa peserta dan penguncian diperintahkan oleh penjabat kepala Kepolisian Capitol dengan sangat hati-hati,” kata para pejabat. Biden tidak berpartisipasi dalam latihan.

Baca juga: Menlu AS Kena Imbas Sial Donald Trump, Pejabat di Eropa Menolak Bertemu, Reaksi Insiden Capitol Hill

Kerusuhan pada 6 Januari di Gedung Capitol AS oleh pendukung Trump telah memicu kecemasan.

Banyak kekhawatiran keamanan tentang pelantikan pada Rabu (20/1/2021). Dinas Rahasia AS meningkatkan keamanan di dalam dan sekitar Capitol seminggu lebih awal dalam persiapan.

Isolasi juga dilakukan di pusat kota dengan pemblokiran jalan-jalan, dan pemasangan pagar tinggi.

Orang-orang dievakuasi dari Front Barat Capitol AS selama gladi bersih Pelantikan Presiden ke-59 di Capitol AS di Washington.
Orang-orang dievakuasi dari Front Barat Capitol AS selama gladi bersih Pelantikan Presiden ke-59 di Capitol AS di Washington. (AP PHOTO/CAROLYN KASTER via Kompas.com)

Selain itu, puluhan ribu Garda Nasional dan petugas penegak hukum lainnya ditempatkan di sekitar area tersebut.

Halaman
12
Editor: M Ismunadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved