Breaking News:

Berita Belitung

Ekspor Lada Belitung Bisa Langsung ke Luar Negeri Tanpa Harus Lewat Pangkalpinang dan Jakarta

Ekspor lada dari Kabupaten Belitung bisa dilakukan langsung ke luar negeri dan tanpa harus melewati Jakarta atau Pangkalpinang.

posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Ekspor Lada Belitung Bisa Langsung ke Luar Negeri Tanpa Harus Lewat Pangkalpinang dan Jakarta - Memetik lada yang sudah siap panen di kebun milik Zulfi di Desa Air Seruk, Kecamatan Sijuk, Minggu (19/7/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Ekspor lada dari Kabupaten Belitung bisa dilakukan langsung ke luar negeri dan tanpa harus melewati Jakarta atau Pangkalpinang.

Hal itu dimungkinakn karena Kabupaten Belitung sudah memiliki Balai Karantina untuk pengecekan barang tujuan luar negeri.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Hamzah mengatakan, selama ini ekspor lada tersebut melalui daerah eksportir, seperti Jakarta dan Pangkalpinang.

Itu membuat Belitung memiliki harga paling rendah dibanding daerah lain.

"Tapi sebetulnya bisa langsung, karantina di Belitung ada, segala macam lengkap. Nah ini masih dicarikan solusinya, agar ekspor itu bisa langsung ke negera tujuan," kata Hamzah kepada Posbelitung.co, rabu (20/1/2021).

Baca juga: Belitung Timur Tambah Dua Kasus Positif Covid-19, Karyawan Bank dan IRT Terpapar Corona

Baca juga: Pasutri Pemilik Pabrik Arak Jalan Bicong Tanjungpandan Mulai Diadili Hari Ini

Apalagi, kata dia, potensi produk lada ekspor dari Belitung termasuk luar biasa.

Jika bisa diekspor langsung dari Belitung, hal ini bisa membuat harga lada sedikit lebih mahal dibandingkan sekarang ini.

"Istilahnya langsung tangan kedua Belitung, kalau sekarang ini kan Belitung menjadi tangan ke tiga dan ke empat. Ya jalur pemasarannya lebih pendek," ucapnya.

Menurut dia, pemotongan birokrasi ekspor akan menguntungkan petani.

"Jadi hitungan nya sejajar, kalau di Jakarta atau Pangkalpinang Rp62.000,- per kilogram, di Belitung sama segitu. Kalau selama ini kan istilahnya ada ongkos kapal lah untuk mengirim ke daerah ini dulu," bebernya.

Halaman
123
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved