Breaking News:

Berita Belitung

Pengembangan Pariwisata Belitung Difokuskan Berbasis Geopark, Perlu Dukungan Lintas Sektor

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, pengembangan pariwisata ke depan bakal diusung dengan basis geopark.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Rakor pengembangan kepariwisataan berbasis geopark dengan pendekatan perhutanan sosial di Bappeda, Tanjungpandan, Kamis (21/1/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, pengembangan pariwisata ke depan bakal diusung dengan basis geopark.

Juga mengacu pada pendekatan perhutanan sosial, dimana Belitung telah ditetapkan sebagai satu di antara dua kabupaten yang menjadi kawasan perhutanan nasional di Indonesia.

Dalam pengembangannya, lintas organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi vertikal hadir pada rapat koordinasi di ruang rapat Bappeda, Kamis (21/1/2021).

Sanem menuturkan, komitmen pemerintah daerah (pemda) sudah dalam pengembangan wisata berbasis geopark ini akan diwujudkan melalui OPD sesuai tupoksi masing-masing.

Dukungan yang bakal diberikan bagi geosite maupun secara keseluruhan geopark berupa infrastruktur, sarana-prasarana, termasuk non infrastruktur.

"Dari segi non infrastruktur seperti dari dinas pendidikan perlu mendukung adanya guide (pemandu) geopark atau geosite dengan mengadakan kursus atau pelatihan Bahasa Inggris, atau kaitannya juga dengan dinas tenaga kerja," kata dia.

"Juga penunjuk jalan ke geosite harus dinas PUPR, jadi semua OPD mendukung dan terlibat. Inilah pemahaman pengembangan pariwisata, semua terlibat, dinas dan instansi baik vertikal sesuai tupoksi," imbuhnya.

Baca juga: Sidang Perkara Korporasi Reklamasi Ilegal PT BMMI, JPU Tolak Tanggapi Eksepsi Terdakwa

Baca juga: Bea Cukai Siap Dukung Rencana Ekspor Lada Langsung dari Belitung

Baca juga: KPPN Tanjung Pandan Percepat Penyaluran Dana Desa 2021 ke 17 Desa di Belitung

Ia menambahkan, dalam pengembangan pariwisata ke depan, dinas pariwisata hanya sebagai koordinator.

Pelaksana aktivitas dilakukan setiap OPD. Kemudian, pihaknya juga sedang merancang geo-marine atau berbasis laut. Dengan nanti leading sector-nya dari Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Hal senada turut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi. Setelah rakor pengembangan kepariwisataan itu, ia menyebut akan menyusun rencana aksi agar ditindaklanjuti OPD sesuai tupoksi masing-masing.

"Yang jelas sejauh ini Belitung banyak dipromosikan sebagai wisata berbasis bahari, ke depan sudah mempromosikan Belitung sebagai pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) tapi berbasis geopark dengan mengedepankan tiga aspek yakni geologi, biodiversitas, dan geo-culture," jelasnya.

Setelahnya, setiap OPD dan instansi akan menerima rencana aksi yang bakal dikerjakan masing-masing dengan standar yang ditetapkan UNESCO dalam pengembangan Geopark Belitong.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved