Breaking News:

Berita Belitung

BNN Dorong Dua Desa di Belitung Jadi Desa Bersinar

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Belitung, Rabu (22/1/2021) berencana membentuk dua desa, program bersih narkoba (Bersinar). Dua desa

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
ILUSTRASI: Ketua DPD KNPI Kabupaten Belitung terpilih Muhammad Hafrian Fajar bersama calon pengurus saat bertemu Kepala BNN Kabupaten Belitung Dikdik Kusnadi, Senin (9/9/2019) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Belitung, Rabu (22/1/2021) berencana membentuk dua desa, program bersih narkoba (Bersinar). Dua desa direncanakan ini, Desa Aik Pelempang Jaya (APJ) dan Desa Aik Rayak, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung.

Desa tersebut masuk rencana program Desa Bersinar, lantaran menjadi sasaran BNN Kabupaten Belitung, sehingga menjadi contoh bagi Desa lain, yang ingin mendapat program tersebut.

"Ini adalah program prioritas nasional, dan ini sudah di komunikasikan dengan beberapa Desa. Itu ada persyaratan nya, ada regulasi, aturan, kesepakatan oleh Kepala Desa yang bersangkutan untuk memerangi narkoba," kata Kepala BNN Kabupaten Belitung Nasrudin kepada Posbelitung.co, Jumat (22/1/2021).

Apabila Desa itu sudah ditetapkan sebagai Desa Bersinar, Desa ini harus memiliki kegiatan didukung anggaran Pemerintah Desa. Kegiatan ini berupa pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba (P4GN).

"Kemudian harus ada relawan, orang - orang yang punya komitmen untuk memerangi dan mewujudkan Desa ini bersih narkoba. Tahun ini memang ditarget dua, kalau lebih itu lebih baik," ucapnya.

Apabila lebih dari dua Desa, lanjut dia, tetap bisa terwujud, BNN Kabupaten Belitung akan memberikan edukasi, dan memberikan kesempatan kepada Pemerintah Desa lain.

"Itu malah lebih bagus. Ini kami masih terus melakukan penggodokan, agar punya komitmen yang kuat. Output nya, Desa ini punya peraturan Kepala Desa, berikut  perangkat Desa didalam nya sama - sama komitmen mewujudkan Desa bersih narkoba," jelasnya.

Kemudian, kata dia, adanya kegiatan yang didukung anggaran Pemerintah Desa, seperti pembinaan karang karuna, pelatihan pemuda. Didalam pelatihan tersebut dimasukan tentang edukasi bahaya narkoba.

"Terus ada nya relawan, seperti corong - corong yang ada di masyarakat, seperti para tokoh ini menjadi pionir untuk mewujudkan Desa bersih narkoba," jelasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved