Breaking News:

Berita Belitung

Belitung Dapat 200 Hektar Rehabilitasi Lahan Pertanian Lada

Pemerintah Kabupaten Belitung tahun 2021 mendapat 200 hektar rehabilitasi lahan pertanian lada.

Posbelitung.co/Disa Aryandi
Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Afrika Barat Mansyur Pangeran, sabtu (4/1/2020) ketika melihat salah satu perkebunan lada milik masyarakat di Desa Air Seruk, Kecamatan Sijuk. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pemerintah Kabupaten Belitung tahun 2021 mendapat 200 hektar rehabilitasi lahan pertanian lada. Rehabilitasi lahan ini, tersebar pada setiap Kecamatan. 

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung sekarang ini sedang melakukan pendataan terhadap rehabilitasi lahan tersebut. 

"Rehabilitasi ini akan dilakukan terhadap tanaman yang rusak. 200 hektar ini, nanti terpecahkan - pecah disetiap Kecamatan, dan sekarang kami sedang melakukan pendataan," kata Kabid Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Hamzah kepada Posbelitung.co, Sabtu (23/1/2021).

Rehabilitasi lahan pertanian lada ini, kata dia, dibagi setiap kecamatan, agar produksi panen pada setiap kecamatan mengalami peningkatan secara merata.

"Terutama dari segi persentasi nya nanti mengalami peningkatan, tentu nya kami berikan target. Itu nanti diganti tanaman baru semua, dengan bibit yang sudah tersedia, yaitu jenis petaling dan nyelungkup," ucapnya.

Selain rehabilitasi, terdapat pula bantuan perluasan lahan pertanian lada.

Perluasan lahan pada tahun ini mencapai 90 hektar, hanya petani di Belitung kekurangan sarana produksi (saprodi) dan pestisida.

"Ini inten sekali kekurangan nya, dan ini semua bantuan dari dana APBN melalui dana TP (tugas pembantuan) yang ada di Pemerintah Provinsi," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved