Breaking News:

Info Kesehatan

Ini Batas Aman Konsusmsi Garam Agar Tidak Sebabkan Hipertensi Si 'Silent Killer'

Hal ini tentu harus diwaspadai sebab hipertensi dikenal sebagai penyakit "silent killer" yang bisa membunuh penderitanya kapan saja.

Grid.id
Batas aman konsusmsi garam agar tidak menyebabkan hipertensi. 

POSBELITUNG.CO - Kebanyakan orang mengetahui bahwa konsumsi garam berlebih menjadi salah satu faktor utama penyebab penyakit hipertensi alias darah tinggi.

Karenanya konsumsi garam saat ini menjadi salah satu isu kesehatan yang paling diwaspadai selain konsumsi gula dan lemak.

Dimana ketiga bahan olahan makanan tersebut, yakni gula garam dan lemak (GGL) jika dikonsumsi berlebih bisa menyebabkan berbagai gangguan metabolik.

Salah satu gangguan metabolik yang dipicu oleh konsumsi garam berlebih diketahui adalah hipertensi.

Hal ini tentu harus diwaspadai sebab hipertensi dikenal sebagai penyakit "silent killer" yang bisa membunuh penderitanya kapan saja.

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), hipertensi bisa menyebabkan pembuluh darah arteri mengeras sehingga aliran darah akan menurun.

Ketika komplikasi hipertensi terjadi, tidak akan ada darah yang cukup menyuplai oksigen ke berbagai bagian tubuh, apalagi jantung.

Kondisi tersebut jika terus dibiarkan tanpa pengobatan akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Tentunya komplikasi hipertensi tersebut mesti mesti dihindari salah satunya dengan membatasi konsumsi garam agar tidak berlebihan.

Lantas berapa batas konsumsi garam per hari?

Halaman
12
Editor: Rusaidah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved