Breaking News:

Berita Belitung

Anggota DPRD Belitung Berterima Kasih Atas Kepedulian Gubernur Terhadap Warga Desa Pulau Gersik

Anggota DPRD Kabupaten Belitung Syamsir mengucapkan terima kasih atas kepedulian Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman, Kapolda Babel Irjen Pol

istimewa
Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman bersama Kapolda Babel dan Danrem 045 Garuda Jaya mengunjungi Desa Pulau Gersik, Sabtu (23/1/2021). (Dok Pribadi Syamsir) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Anggota DPRD Kabupaten Belitung Syamsir mengucapkan terima kasih atas kepedulian Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman, Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat dan Danrem 045 Garuda Jaya Brigjen TNI M Jangkung Widyanto mengunjungi warga terdampak abrasi di Desa Pulau Gersik, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung pada Sabtu (23/1/2021) lalu.

Menurutnya gubernur telah melihat langsung dampak abrasi yang terjadi di wilayah RT 2, 3 dan 8 termasuk kerusakan rumah warga.

"Alhamdulillah respon beliau juga baik kepada warga yang rumahnya terdampak abrasi. Kami ucapkan terima kasih atas kepedulian beliau," ujar anggota DPRD Dapil wilayah kepulauan itu kepada posbelitung.co, Senin (25/1/2021).

Syamsir mengatakan berdasarkan hasil diskusi langsung di lapangan, Gubernur Erzaldi sudah menghitung rumah terdampak dan yang berpotensi terancam abrasi dengan total 30 rumah.

Menurutnya gubenur akan memprioritaskan bantuan bagi warga yang kurang mampu berupa pembangunan rumah layak huni.

Selain itu juga berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk menyiapkan lahan untuk pembangunan rumah tersebut.

"Prioritas bagi yang tidak mampu itu bagus sekali. Rencananya akan dibangunkan rumah tipe 36 itu," katanya.

Kemudian, lanjutnya, tim dari Provinsi Kepulauan Babel dan pemerintah pusat akan kembali pada akhir Februari 2021 mendatang.

Tujuannya untuk mengkaji pembangunan talud sekeliling pulau dengan mempertimbangkan masukan warga.

Berdasarkan diskusi awal, gubernur menyarankan untuk melibatkan masyarakat setempat.

"Karena biayanya cukup tinggi karena faktor jarak. Jadi beliau menyarankan memberdayakan warga setempat untuk mengerjakan itu," kata Syamsir.

Dirinya berharap ke depan, pemerintah desa, kabupaten, provinsi maupun pusat bisa bersinergi untuk mengatasi potensi abrasi yang setiap tahun mengancam warga Desa Pulau Gersik. (Posbelitung.co /Dede S)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved