Breaking News:

Awas! Bisa Kehilangan Kendali Mengemudi Saat Kondisi Hujan

Ketika sudah mengalami aquaplaning, mobil hilang kendali dan hanya bisa pasrah kemana mobil mengarah.

Editor: Tedja Pramana
GridOto.com
Ilustrasi berkendara saat hujan. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Akun Instagram Dashcam Owners Indonesia belum lama ini mengunggah sebuah video mobil yang kehilangan kendali saat kondisi hujan.

Mobil tersebut pun akhirnya berhenti setelah menabrak pagar rumah. Melihat kejadian ini, terjadinya aquaplaning bisa di mana saja, tidak hanya di jalan tol yang selama ini sering terjadi.

Ketika sudah mengalami aquaplaning, mobil hilang kendali dan hanya bisa pasrah kemana mobil mengarah.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, mobil yang bergerak di jalan tol atau jalan raya, pasti berkali-kali mengalami aquaplaning, hanya saja masih terukur dan bisa dikendalikan.

"Kadang pengemudi tidak peka sehingga sering meremehkan sampai benar-benar terjebak aquaplaning dan berujung kecelakaan," ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (24/1/2021).

Sony menjelaskan, aquaplaning terjadi karena ada genangan air, ban mulai botak, tekanan udara ban kurang dan mobil over speed.

Untuk menghindari aquaplaning, segera kurangi kecepatan kendaraannya.

"Jangan pernah berfikir bahwa kita jago, bisa mengendalikan mobil saat aquaplaning. Orang yang sudah terlatih pun kemungkinan selamat dari aquaplaning sangat kecil," kata Sony.

Sony juga mengatakan, pengemudi yang mengalami aquaplaning adalah orang yang merasa bisa mengendalikan mobilnya sehingga melanggar prinsip-prinsip mengemudi saat hujan.

Prinsip tersebut yaitu mengurangi kecepatan, jaga jarak, dan bersiap mengantisipasi selip.

"Pengemudi yang merasa jago selalu mengandalkan reaktifnya, enggak paham bahaya aquaplaning itu besar. Kalau ban sudah selip, pengemudi enggak bisa berbuat apa-apa," ucapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Remehkan Mengemudi Saat Hujan, Bisa Aquaplaning"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved