Breaking News:

Terima Penghargaan dari PWKI, Ganjar: NKRI Harus Kita Jaga

Penyerahan penghargaan itu diberikan di sela perayaan Natal PWKI yang dilaksanakan secara daring, Sabtu (23/1/2021) malam.

dok PWKI
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo menerima penghargaan 'Terima Kasihku Kepadamu' dari Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI).

Penyerahan penghargaan itu diberikan di sela perayaan Natal PWKI yang dilaksanakan secara daring, Sabtu (23/1/2021) malam.

Acara PWKI kali ini dilakukan dengan tema, "Mempererat Ikatan NKRI dalam Masa Pandemi".

Acaranya diawali dengan misa yang dipimpin langsung oleh Staf Dewan Kepausan untuk Dialog Antara Umat Beragama di Tanah Suci Vatikan Romo Markus Solo Kewuta, SVD.

Selain Ganjar, hadir Menteri Kominfo Johnny G.Plate, Dubes Indonesia untuk Vatikan L Amrih Jinangkung, dan Dirjen Bimas Katolik Y Bayu Samadro.

Sementara penghargaan "Terima Kasihku Kepadamu" dari PWKI diberikan kepada Ganjar dan tiga tokoh inspiratif sepanjang tahun 2020. Yakni Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Munardo, dan Anne Avantie.

Dalam sambutannya, Ganjar mengaku sebenarnya tak merasa terlalu pantas untuk menerima penghargaan itu.

Sebab kalau dianggap dirinya berkinerja baik dalam menangani pandemi covid, semuanya takkan terjadi jika masyarakat dan aparat di Jawa Tengah tak mendukung.

"Ketika kebijakan disampaikan top down, masyarakat dan kampung-kampung kita punya solidaritas, guyub, rukun," kata Ganjar seperti dalam rilis dari PWKI yang diperima Pos Belitung, Senin (25/1).

Selain itu, baginya, pandemi covid bisa dihadapi karena masyarakat Jawa Tengah menyadari sepenuhnya bahwa tak ada yang pernah mengalami pandemi seperti ini.

Sehingga tak ada yang marah-marah ketika, misalnya tak mendapat bantuan, hanya karena merasa lebih pantas.

Dan yang jelas, Ganjar memahami posisinya sebagai pihak yang hanya berusaha memfasilitas semuanya. Dia pun menyadari sepenuhnya bahwa gagal tidaknya penanganan pandemi di Jawa Tengah adalah tanggung jawabnya.

"Tugas saya hanya bertanggung jawab," kata Ganjar.

Ganjar juga mengapresiasi acara Natalan PWKI. Dan menggaungkan agar semua pihak tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

"Saya mengucapkan terima kasih. NKRI harus kita jaga, apapun yang terjadi," kata Ganjar. (*)

Editor: Tedja Pramana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved