Breaking News:

Berita Belitung

Begini Harapan Bupati Belitung terhadap Gedung Pelatihan Desa Aik Pelempang Jaya

Keberadaan gedung pelatihan Desa Aik Pelempang Jaya (APJ), Kecamatan Tanjungpandan, yang baru ia resmikan sejalan dengan visi Pemkab Belitung

Pos Belitung/Disa Aryandi
Foto bersama Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) saat meresmikan gedung pelatihan Desa Aik Pelempang Jaya, Selasa (26/1/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) mengatakan keberadaan gedung pelatihan Desa Aik Pelempang Jaya (APJ), Kecamatan Tanjungpandan, yang baru ia resmikan sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Belitung.

Keberadaan gedung ini diharapkan bisa berperan menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki ketrampilan khusus.

"Jadi inilah penggunaan anggaran desa yang tidak berpikir instan, tapi jangka panjang untuk kemajuan ke depan. Kalau hanya bantuan uang kepada masyarakat, mungkin besok sudah habis, tapi kalau ini jangka panjang, dan berkelanjutan," kata Sanem kepada Posbelitung.co, selasa (26/1/2021).

Baca juga: Sanem Resmikan Gedung Pelatihan Desa Aik Pelempang Jaya Senilai Rp600 Juta, Ini Fungsinya

Baca juga: Chef Tiarbah Olah Kulat Pelawan, Jamur Termahal di Indonesia Asal Bangka Belitung, Segini Harganya

Baca juga: Besok Paripurna Hari Jadi ke-18 Belitung Timur, Ketua DPRD Fezzi Uktolseja Minta Maaf karena Ini

Keberadaan gedung ini diharapkan bisa menjadi fasilitas pendidikan masyarakat untuk mendapatkan skill yang tak didapatkan di bangku sekolah.

"Pelatihan - pelatihan seni budaya dan KUKM itu sekarang ini sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat, selain pendidikan formal dan kesehatan. Ini bagian dari pelayanan publik, berupa pendidikan masyarakat," ucapnya.

Apalagi, kata dia, Belitung sekarang ini sudah mengunggulkan sektor pariwisata.

"Hasil karya masyarakat di sini nanti bisa dikerjasamakan dengan hotel, misalkan petani sayur-sayuran mereka bisa dijual ke hotel, kerja sama," ujarnya.

Kedepan, lanjut dia, lahan seluas 8.000 m2 bisa dikembangkan lagi, dan bisa dimanfaatkan untuk pengembangan sektor pariwisata.

"Kita kan ada program satu Desa satu tempat wisata, nah dengan rencana pak Kades tapi, ini tentu sangat bagus, walaupun tidak ada pantai, tempat wisata tetap bisa diwujudkan," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved