Breaking News:

PROFIL

Kisah Biak Belitung Kuliah S3 di Jepang, Rindu Makan Bedulang Bareng Keluarga

Berat rasanya bagi Ivan Permana Putra berlebaran di Jepang dan harus jauh dari keluarga, apalagi saat pandemi virus corona seperti sekarang.

Ist.pribadi
Ivan saat berfoto di Jepang sebelum masa pandemi corona. 

POSBELITUNG.CO - Berat rasanya bagi Ivan Permana Putra berlebaran di Jepang dan harus jauh dari keluarga, apalagi saat pandemi virus corona seperti sekarang.

Lelaki yang tinggal di Desa Kelubi, Manggar, Belitung Timur ini sedang melanjutkan kuliahnya di jenjang S3 di Tottori University bidang pertanian khususnya mengenai jamur.

Awalnya, seluruh keluarganya akan diboyong supaya bisa berlebaran bersama di Jepang. Namun, karena ada covid-19, rencana tersebut harus dibatalkan. Ivan harus menahan kangennya dengan anak istri serta keluarganya.

Ia mengakui berlebaran di Jepang sangat berbeda dengan di Indonesia, terutama suasananya. Warga Muslim di sana tetap ada namun jumlahnya sedikit dan tahun ini KBRI Tokyo tak menggelar halal bihalal seperti tahun-tahun sebelumnya karena pandemi virus corona.

"Dari euphorianya jelas berbeda. Kemudian dari segi makanan sangat berbeda. Biasanya tiap tahun saya lebaran di Belitung pasti tidak pernah melewatkan makan bedulang bersama keluarga besar. Ini yang sangat saya rindukan," cerita lelaki kelahiran 1989 ini saat dihubungi posbelitung.co, Rabu (27/1/2021).

Ia bercerita, saat lebaran biasanya ia dan keluarganya jalan-jalan ke berbagai tempat wisata di Belitung. Namun ia bersyukur karena jaman sekarang teknologi sudah canggih jadi bisa bersilaturahmi secara virtual lewat beberapa aplikasi video call.

"Tapi tetap tidak bisa menggantikan suasana canda tawa bersama keluarga sambil makan rendang, ketupat, petai, dan makanan khas lebaran lainnya," kata Ivan sambil tertawa.

Rencananya ia akan menghabiskan waktu selama tiga sampai empat tahun di Jepang. Ia mendapatkan beasiswa S3 dari Pemerintah Jepang yaitu MEXT. Di Indonesia sendiri ia berprofesi sebagai dosen di Departemen Biologi divisi Mikologi Insitut Pertanian Bogor.

Ia berada di Jepang sejak Oktober lalu. Ia beruntung karena mendapatkan beasiswa di kawasan Tottori karena wilayah tersebut terdapat pantai sehingga bisa mengobati rindunya kepada Belitung yang dikelilingi oleh lautan.

Lebih lanjut, ia bercerita mengenai kondisi Jepang dimasa pandemi sekarang ini. Suasana di sana menurutnya juga diberlakukan PSBB dan saat ini kurvanya sudah melandai cenderung menurun. Karena menurutnya, sebagian besar orang Jepang sejak awal memang terbiasa cuek sehingga bisa menghindari kontak fisik.

"Kemarin aktivitas perkuliahan sempat diliburkan. Namun sekarang dibuka lagi namun dibatasi untuk beberapa orang dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Membawa hand sanitizer dan memakai masker," kata Ivan.

Selama di Jepang, ia menghabiskan waktu untuk menulis, membaca, membuat jurnal, hingga membuat video di youtube supaya walaupun tidak bisa ke mana-mana bisa tetap produktif.

Ia berharap kondisi sekarang ini bisa segera usai agar seluruh kegiatan bisa berjalan normal kembali.

"Kepada masyarakat Indonesia dan Belitung khususnya tetap ikuti anjuran pemerintah supaya rantai pemyebaran virus corona bisa diputus," pesan Ivan. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved