Breaking News:

Indo Kesehatan

Waspadai Diabesitas = Diabetes + Obesitas, Sumber Segala Penyakit!

Obesitas dikenal baik sebagai kondisi pro-inflamasi. Ini secara langsung berkontribusi pada hasil terburuk dari infeksi Covid-19 pada pasien obesitas.

Grid.id
Waspadai diabesitas yang menjadi sumber berbagai penyakit. 

POSBELITUNG.CO - Memiliki obesitas sering dikaitkan dengan komorbiditas seperti diabetes tipe-2, hipertensi, penyakit jantung koroner, penyakit mental, depresi, infertilitas dengan PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), usus besar dan kanker endometrium.

Untuk waktu yang lama, ilmu kedokteran mengira bahwa sel lemak seperti baterai ponsel - hanya menyimpan dan melepaskan energi. Namun studi terbaru menyatakan lemak memicu peradangan di tubuh.

Lemak melemahkan pertahanan kita padahal tubuh kita memiliki sel kekebalan untuk melawan bakteri dan virus.

Obesitas menyebabkan keadaan peradangan kronis, dan menyabotase sistem kekebalan membuatnya terpicu secara permanen, membuat kita lebih rentan terhadap penyakit lain.

Pada orang sehat ada tombol yang memberi tahu hati untuk memproduksi glukosa hanya saat tubuh berpuasa. Pada orang gemuk, hati menghasilkan glukosa secara tidak normal baik orang tersebut berpuasa atau tidak.

Ini adalah jalan menuju resistensi insulin yang dapat berubah menjadi diabetes yang parah karena gangguan fungsi pankreas untuk memproduksi insulin.

Dokter Francine Kaufman menciptakan istilah diabesitas (diabetes + obesitas) untuk menggambarkannya.

Menurutnya, diabesitas dapat didefinisikan sebagai disfungsi metabolik yang berkisar dari ketidakseimbangan gula darah ringan hingga diabetes tipe 2 yang lengkap.

Diabesitas adalah kumpulan dari tanda-tanda yang meliputi:

- Kegemukan di daerah perut

Halaman
123
Editor: Rusaidah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved