Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

10 Penerima Vaksin Covid-19 Perdana di Belitung Bakal Divaksinasi Kedua

Vaksinasi Covid-19 kedua bagi 10 penerima vaksin perdana yakni unsur forkopimda hingga tokoh agama akan dilakukan pada Sabtu (30/1/2021)

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Tenaga medis saat menyiapkan vaksin Sinovac Covid-19 saat vaksinasi di RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan, Sabtu (16/1/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Vaksinasi Covid-19 kedua bagi 10 penerima vaksin perdana yakni unsur forkopimda hingga tokoh agama akan dilakukan pada Sabtu (30/1/2021).

Menurut Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono, secara teknis, tiap satu orang akan menerima dua dosis vaksin dengan dua kali penyuntikan. Setelah imunisasi pertama, penerima vaksin Covid-19 akan disuntik lagi minimal 14 hari kemudian atau maksimal 28 hari.

"Vaksin kedua memperkuat dan membentuk antibodi. Tidak boleh diberikan sekali karena khawatir ada efek samping," ujarnya, Jumat (29/1/2021).

Setelah divaksin, memang antibodi tubuh sudah terbentuk. Namun protokol kesehatan harus tetap diterapkan dalam beraktivitas. Lagipula vaksinasi dilakukan agar membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Kalau disuatu area belum banyak yang divaksin, belum terbentuk kekebalan kelompok. Pemerintah target 2/3 dari jumlah penduduk dapat divaksinasi Covid-19," tambahnya.

Di samping itu, saat ini proses imunisasi Covid-19 juga tengah dilakukan bagi tenaga kesehatan (nakes) . Setelah kedatangan vaksin termin kedua Selasa (26/1/2021) lalu, distribusi telah dilakukan ke tiga puskesmas yang membuka layanan vaksinasi bagi nakes klinik dan rumah sakit swasta. Yakni puskesmas Tanjungpandan, Air Saga, dan Perawas.

Belum semuanya nakes menerima vaksin, menurutnya disebabkan karena kondisi kesehatan tertentu seperti hipertensi hingga gula darah tinggi. Juga ada yang dalam kondisi hamil atau menyusui sehingga tak bisa menerima vaksin.

"Di luar jadwal vaksin masih bisa," katanya.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)
 

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved