Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Update Covid-19 Belitung , 8 Orang Terinfeksi Virus Corona dari Kluster Keluarga

Terdapat 8 orang terpapar Covid-19 di Kabupaten Belitung, Jumat (29/1/2021)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Dok/RSUD Marsidi Judono
Petugas RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) menangani dua pasien berstatus PDP Covid-19. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Terdapat 8 orang terpapar Covid-19 di Kabupaten Belitung, Jumat (29/1/2021).

Penambahan 8 orang positif covid-19 ini, terpantau dari website http://covid19.belitungkab.go.id.

Adanya penambahan orang terpapar Covid-19 itu, menambah deretan kasus covid-19 terbaru di Belitung. Total kasus Covid-19 sekarang ini ada 12 orang terpapar.

"Iya ada penambahan. Yang baru itu kluster keluarga," kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono kepada posbelitung.co, Jumat (29/1/2021).

Delapan orang ini disebut kluster keluarga, lantaran satu diantara orang itu kali pertama terpapar covid-19. 

"Jadi diantara mereka ini pertama kali berobat ke salah satu klinik swasta di Tanjungpandan, saat pemeriksaan dekat dengan gejala orang terinfeksi Covid-19," ujarnya.

Setelah itu, petugas medis melakukan rapid test, hasilnya reaktif. Petugas medis tersebut lantas merujuk pasien ini ke RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, agar dilakukan swab PCR.

"Hasilnya positif covid-19. Kemudian di tracking, dan keluarga nya juga ikut terpapar. Keluarga ini semuanya tinggal di Desa Aik Saga, hanya satu orang di Desa Aik Ketekok," ucapnya.

Dari 8 orang terpapar Covid-19 ini, tiga orang diantaranya menjalani perawatan di RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, lantaran kategori bergejala.

Sedangkan 5 orang lainnya menjalani isolasi mandiri. Secara global, kasus covid-19 di Belitung sekarang ini ada 323 orang terpapar, terhitung dari bulan Maret 2020 lalu.

Namun diantara jumlah itu, 300 orang diantaranya sudah menjalani isolasi alias sudah sembuh.

"Tapi kalau untuk yang menjalani isolasi mandiri, secara keseluruhan sekarang ini ada sembilan orang. Ya kami himbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga protokol kesehatan, walaupun sekarang vaksin Covid-19 tetap ada," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved