Breaking News:

Info Kesehatan

Nutrisi Labu Kuning Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah, Baik Bagi Penyandang Diabetes!

Minyak biji labu kaya akan fitokimia dan sumber asam lemak tak jenuh yang sangat baik. Efek antiinflamasi minyak ini memiliki banyak manfaat kesehatan

Nutrisi Labu Kuning Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah, Baik Bagi Penyandang Diabetes!
Grid.id
Kandungan nutrisi di dalam labu kuning baik bagi penyandang diabetes.

POSBELITUNG.CO - Labu, yang secara ilmiah disebut Cucurbita moschata adalah tanaman herba tahunan yang termasuk dalam famili squash. Diperkaya dengan polisakarida, mineral, karoten, vitamin dan banyak komponen penting lainnya.

Polisakarida labu membantu mencegah penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan stres oksidatif.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus diabetes, ditemukan bahwa ekstrak metanol labu efektif dalam menurunkan kadar glukosa karena adanya alkaloid trigonelline dan asam nikotinat.

Kelompok tikus kontrol yang diberi makan trigonelline telah menunjukkan peningkatan kadar glukosa selama 15 menit diikuti dengan penurunan glukosa darah secara bertahap selama 120 menit berikutnya.

Di sisi lain, kelompok kontrol lain di mana trigonelin tidak diberi makan telah menunjukkan peningkatan bertahap kadar glukosa selama 120 menit.

Dikutip dari American Diabetes Association, tiga kandungan nutrisi di dalam labu kuning yang dapat membantu mengatasi diabetes adalah;

1. Vitamin antioksidan

Labu kaya akan vitamin antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin C membantu dalam mengontrol kadar glukosa dengan menstimulasi mekanisme insulin dalam tubuh.

Oleh karena itu, labu kuning dapat menjadi sumber makanan yang efektif untuk pengelolaan diabetes.

2. Asam lemak tak jenuh

Halaman
12
Editor: Rusaidah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved