Breaking News:

Berita Belitung

Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Master Plan Juru Seberang, Perhutanan Sosial Bisa Dimulai Maret  

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi Hutan Kemasyarakatan (HKm) Juru Sebarang, Tanjungpandan, Belitung, 

posbelitung.co
Menparekraf Sandiaga Uno saat bersepeda di Kawasan HKm Juru Seberang, Tanjungpandan, Jumat (5/2/2021). (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi Hutan Kemasyarakatan (HKm) Juru Sebarang, Tanjungpandan, Belitung,  Jumat (5/2/2021). Setibanya di destinasi yang juga merupakan geosite tersebut, Sandi dan rombongan disambut tarian selamat datang.

Bersama Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, Bupati Belitung Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie dan rombongan, mereka bersepeda berkeliling dan melihat objek wisata itu. Dimulai melihat titik temu, tempat pembesaran kepiting rajungan, wisata mangrove dan melihat lokasi susur sungai.

Di HKm Juru Seberang yang juga menjadi percontohan perhutanan sosial, Menparekraf mengadakan rapat koordinasi bersama kementerian terkait yakni Kemenparekraf, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kemenko Maritim dan Investasi buat memastikan kesiapan destinasi wisata berbasis kearifan lokal dan kelestarian alam.

"Ini hutan sosial yang dirancang sebagai bentuk partisipasi masyarakat untuk memastikan sustainability atau keberlanjutan. Harapan agar kegiatan ini dilanjutkan dengan lanjutan konsolidasi Senin dan Selasa, 8-9 Februari 2020," katanya.

Sandi menyebut nanti HKm Juru Seberang menjadi satu di antara destinasi wisata unggulan. Tinggal selanjutnya perlu dikembangkan road map dan master plan.

"Titip tiga pekan selesai, sehingga jika semua sesuai harapan bisa mulai luncurkan di Maret," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman Djohan, Jumat (5/2/2021) menyebut akan segera menindaklanjuti pesan Menparekraf dalam rangka memantapkan master plan pembangunan Kawasan Hutan Sosial Juru Seberang dan Bukit Peramun.

"Di mana integrasi dua lokasi ini akan dijadikan titik destinasi yang lebih baik di bawah manajemen dan dorongan dari kementerian-kementerian yang sudah berintegrasi. Harapan kami bahwa kegiatan ini akan secara bertahap dilaksanakan tahun ini hingga 2023," tambah Erzaldi. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved