Breaking News:

Berita Belitung

Mirza: Pemda Segera Lakukan Persiapan Dukung Implementasi Perhutanan Sosial

Kabupaten Belitung menjadi satu di antara dua daearah sebagai implementasi Program Perhutanan Sosial dan dua Hutan Kemasyarakatan (Hkm), yaitu di

posbelitung.co
Anggota DPRD Kabupaten Belitung Mirza Dallyodi. (Pos Belitung/Dede S) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Kabupaten Belitung menjadi satu di antara dua daearah sebagai implementasi Program Perhutanan Sosial dan dua Hutan Kemasyarakatan (Hkm), yaitu di Bukit Paramun dan Gusong Bugis.

Terkait rencana itu, Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Mirza Dallyodi. Jumat (5/2/2021) menyarankan agar Pemkab Belitung segera melakukan persiapan untuk mendukung program tersebut.

"Untuk mendukung progaram kerja Kementerian yaitu perhutanan sosial dan ditunjuknya Kabupaten Belitung sebagai salah satu daerah, maka sebaiknya pemda Kabupaten Belitung segera mempersiapkan segala bentuk support sistem untuk mendukung 0rogram tersebut," katanya kepada Posbelitung.co, Jumat (5/2).

Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga meminta pemangku kepentingan bersinergi dengan pemerintah desa dan pengurus Hkm sebagai pemilik serta pengelola sumber daya hutan dengan segala potensi ekonomi yang terkandung di dalam hutan tersebut. 

Selain  membentuk potensi Perhutanan Sosial yang baru, pemda juga harus memperhatikan keberlangsungan Pengelolaan HKm dan HTR yang sudah berjalan sebelumnya.

"Untuk itu bagi pengelola HKm dan  HTR yang sudah memilik izin tentunya akan menjadi tempat kerja sama dalam mendukung ini sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam mengelola sumber daya hutan untuk dijadikan sumber potensi ekonomis yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia menambahkan program perhutanan sosial akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Belitung.

Sebab akan memberika edukasi tentang tata cara mengelola kawasan hutan sesuai dengan aturan.

Menurutnya selama ini pemanfaatan hutan di Belitung masih bersifat konvenasional tanpa mendatangkan nilai tambah bagi masyarakat sebagai pengelola.

"Selama ini pengelolaannya masih bersifat konvensional dan hanya melihat sebagai bahan baku alami yang si sediakan alam tanpa mampu untuk memberi nilai tambah ekonomis dalam pengelolaannya," kata Mirza. (Posbelitung.co/Dede S)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved