Breaking News:

Berita Belitung

Pelaku Desa Wisata Kreatif Terong Ceritakan Upaya Pengembangan Wisata ke Sandiaga Uno

Seusai kunjungan ke HKm Juru Seberang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Kreatif Terong di

posbelitung.co
Kunjungan Menparekraf ke Desa Wisata Kreatif Terong, Kecamatan Sijuk, Jumat (5/2/2021). Posbelitung.ck/Adelina Nurmalitasari 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Seusai kunjungan ke HKm Juru Seberang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Kreatif Terong di Kecamatan Sijuk, Belitung, Jumat (5/2/2021).

Saat turun dari mobil, ia disambut warga setempat, lalu menuju kawasan Aik Rusa' Berehun yang dulunya merupakan kawasan eks timah. PIC Desa Wisata Kreatif Terong Iswandi menceritakan perjalanan desa tersebut merintis desa wisata.

"Kami mulai merintis 2013, dilakukan perubahan pola pikir masyarakat. Hampir tiga tahun kami mengelola SDM, ketika sudah siap, berkat kerjasama perangkat desa mengucurkan dana desa melakukan pelatihan dan pembangunan sarana dan prasarana," katanya.

Ia menyebut, dari 2016-2019 dana desa yang dikucurkan dalam pengembangan kawasan tersebut senilai Rp 1,4 miliar. Dimana sebelumnya kawasan eks tambang timah yang hancur, lalu warga bergotong royong mereklamasi lokasinya hingga kini menjadi tempat yang biasa didatangi wisatawan.

"Ini kami lakukan reklamasi swadaya, dengan sekop, pacul, dan gerobak sorong selama dua tahun lebih mengembalikan bekas tambang menjadk seperti ini," ceritanya.

Kini, di desa wisata tersebut ada tiga HKm yang juga masuk perhutanan sosial, yakni HKm Mitra Tembalu, HKm Bukit Tembalu, dan HKm mangrove. Nantinya HKm Mitra Tembalu akan mengembangkan ternak madu trigona. Sementara HKm Mangrove sedang merintis kepiting bakau dan rajungan yang bekerja sama dengan satu perusahaan di Malang.

Kini objek wisata tersebut membuat paket wisata edukasi berbasis kearifan lokal seperti menari hingga menanam sayur.

Menurutnya, apa yang dilakukan yang jelas demi memberdayakan masyarakat sekitar.(Posbelotung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved