Breaking News:

Pelaku Usaha Curhat Ongkir di Belitung Mahal, Menparekraf Akan Upayakan Ini Bagi Mereka

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berdiskusi bersama para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Desa Wisata Kreatif Terong

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Menparekraf Sandiaga Uno saat berfoto bersama pelaku ekonomi kreatif di Desa Wisata Kreatif Terong, Kecamatan Sijuk, Belitung, Jumat (5/2/2021). 

Pelaku Usaha Curhat Ongkir di Belitung Mahal, Menparekraf Akan Upayakan Ini Bagi Mereka 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berdiskusi bersama para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Desa Wisata Kreatif Terong, Kecamatan Sijuk Belitung, Jumat (5/2/2021).

Dari hasil pertemuan tersebut, satu di antaranya membahas mengenai harapan pelaku usaha agar mempermurah ongkos kirim (ongkir) produk yang dinilai mahal.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan setelah pertemuan tersebut, pelaku ekraf membentuk working group yang akan mencoba memetakan potensi dan memecahkan permasalahan.

"Saya, pak bupati, pak wakil bupati dan pak gubernur, nanti membicarakan solusi ongkir supaya ada solusi untuk ongkir," ujarnya.

Dalam membantu pelaku ekonomi kreatif bangkit disaat sulit akibat pandemi Covid-19, ada juga program yang sudah bisa membantu pelaku ekraf. Seperti big promo dan bantuan insentif pemerintah (BIP).

"Maupun program yang nanti diperluas seperti dana hibah pariwisata dan ekonomi kreatif yang sedang kami usahakan, termasuk kepada pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata di Belitung dan Provinsi Bangka Belitung," ucapnya.

Selain itu, bagi pelaku ekonomi dalam sub sektor seni pertunjukan, Sandi juga menyampaikan bahwa harus ada keberpihakan memberikan akses virtualisasi kegiatan seni.

"Jadi festival yang akan dilakukan seperti triathlon, maupun festival budaya, musik, akan diberikan panduan, supaya ini juga ada program pemerintah melalui MICE (meeting, invention, convention, and exhibition) agar mereka mendapat akses lagi kegiatan mereka. Paling tidak agar bisa bertahan," ucapnya 

"Ini lagi kami dorong, salah satu konsepnya adalah free covid corridor. Mudah-mudahan bisa didorong juga, sehingga bukan lagi pergi apa tidak ke Belitung, tapi pergi ke Belitung dengan menentukan protokol kesehatan ketat dan disiplin," imbuh dia.

Politisi Gerindra ini jug berharap gubernur dan bupati beserta jajaran memberikan keberpihakan pada pelaku ekonomi kreatif.

"Karena mereka (pelaku ekonomi kreatif) ini yang menciptakan lapangan kerja. 97 persen lapangan kerja diciptakan teman-teman UMKM, 60 persen ekonomi kita ditopang oleh mereka. Pariwisata dan ekonomi kreatif saling mendukung, saya berharap sinergi ini bisa terus didukung," tuturnya.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: M Ismunadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved