Breaking News:

Berita Belitung

Bupati Belitung Tegaskan ASN Tak Keluar Daerah Jelang Imlek dan Libur Panjang

Menjelang hari raya Imlek dan libur panjang, Bupati Belitung Sahani Saleh menegaskan ASN Pemkab Belitung tidak diperbolehkan ke luar daerah.

POS BELITUNG/NOVITA
Bupati Belitung, Sahani Saleh (Sanem) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Menjelang tahun baru Imlek dan libur panjang, Bupati Belitung Sahani Saleh menegaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung tidak diperbolehkan ke luar daerah.

Permintaan pemimpin yang akrab disapa Sanem ini didasarkan pada surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) nomor 4 tahun 2021 tentang pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah bagi pegawai ASN selama libur tahun baru Imlek dalam masa pandemi Covid-19.

"Jadi dari edaran Menpan-RB, bahwa pegawai negeri sipil, TNI, dan Polri tidak boleh keluar daerah. Berkaitan tahun baru Imlek ini tidak boleh ke mana-mana," katanya, Rabu (10/2/2021).

"Walau memang kalau orang luar yang datang ke Belitung, kami tidak bisa menolak atau membatasi," imbuhnya.

Kegiatan bepergian ke luar daerah selama periode tahun baru Imlek ini berlaku sejak 11-14 Februari 2021.

Apabila ASN dalam kondisi terpaksa harus ke luar daerah dalam periode tersebut, maka harus terlebih dulu mendapatkan izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian di lingkungan instansinya.

Sanem menyebut, hal ini diberlakukan dalam menekan kasus Covid-19. Sampai saat ini, kata dia, di Belitung masih ada 10 kasus positif Covid-19, serta sembilan di antaranya masih menjalani isolasi mandiri.

Sesuai edaran Menpan-RB, apabila ada ASN yang melanggar aturan tersebut, maka yang bersangkutan diberikan hukuman disiplin.

Sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan peraturan pemerintah nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Eltjandring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved