Breaking News:

Berita Kriminalitas

Ketua DPC Hanura Belitung Dilaporkan Wakil Ketua I Atas Dugaan Pemalsuan Penggunaan Dana Banpol

Wakil Ketua I DPC Hanura Kabupaten Belitung didampingi Sekretaris Agus Pahlevi melaporkan Ketua DPC Hanura Kabupaten Belitung

Dok/Sugianto
Wakil Ketua I DPC Hanura Kabupaten Belitung Sugianto (kanan) bersama Sekretaris Agus Pahlevi. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Wakil Ketua I DPC Hanura Kabupaten Belitung didampingi Sekretaris Agus Pahlevi melaporkan Ketua DPC Hanura Kabupaten Belitung Freddy ke Mapolres Belitung pada Rabu (10/2/2021).

Pria yang akrab disapa Totok itu melaporkan ketuanya atas dugaan pemalsuan laporan penggunaan dana bantuan politik (banpol) tahun 2019 dan 2020.

Selain dugaan memalsukan beberapa data pada dokumen, sang ketua juga dinilai tidak terbuka terkait permasalahan internal partai.

"Jadi yang dirugikan dalam masalah ini secara internal anggota dan partai kemudian eksternal yaitu pemerintah yang memberikan dana banpol," ujarnya saat ditemui Posbelitung.co, Rabu (10/2/2021).

Sebelumnya, kata Totok, sebanyak 18 anggota partai juga telah sepakat melayang surat mosi tidak percaya kepada DPD tembusan Ketua Umum, Sekjen DPP dan Korwil Babel serta Sumbagsel pada pekan lalu.

Namun dikarenakan belum ada kejelasan dan masalah tersebut penting demi partai jelang persiapan pemilu maka dirinya memutuskan menempuh jalur hukum.

"Khawatirnya jika hanya gara-gara ini bisa mengganggu kinerja partai akan menjadi masalah besar. Besok juga akan ada lagi anggota yang melapor lagi ke polres," ungkapnya.

Ia menuturkan awal kecurigaan dugaan pemalsuan dari pelaporan penggunaan anggaran ditambah adanya beberapa kegiatan yang tidak dilaksanakan justru muncul dalam laporan.

Menurutnya sempat berkoordinasi dengan Ketua DPC terkait masalah tersebut namun hingga saat ini tidak pernah menemukan solusi terbaik.

Selain itu, terkait bargaining partai dirinya menilai jika demi kebenaran dan keterbukaan maka upaya tersebut dilakukan.

"Akhirnya bagi kawan-kawan yang merasa tidak nyaman dengan kondisi ini sepakat membuat mosi tidak percaya," kata Totok.

Terpisah, Ketua DPC Hanura Kabupaten Belitung Freddy saat ditemui Posbelitung.co menyatakan belum mengetahui perihal pelaporan atas dirinya.

Ia mengatakan terkait laporan penggunaan dana banpol telah dilaporkan kepada Kesbangpol dan dievaluasi BPK setiap tahun.

"Saya sendiri belum tahu terkait laporan itu dan saya belum mendapat panggilan dari pihak kepolisian. Nanti setelah ada panggilan akan diklarifikasi," kata Freddy. ( Posbelitung.co / Dede Suhendar )

Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved