Breaking News:

Berita Belitung

Sanem Ajak Warga Tionghoa di Belitung Terapkan Protokol Kesehatan Saat Rayakan Imlek

Bupati Belitung Sahani Saleh mengimbau agar perayaan tahun baru Imlek 2021 sama seperti perayaan hari besar agama lain dimasa pandemi Covid-19.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Eltjandring
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung H Sahani Saleh 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Perayaan tahun baru Imlek 2021 akan dilaksanakan pada Jumat (12/2/2021) mendatang.

Khusus di Belitung, Bupati Belitung Sahani Saleh mengimbau agar perayaannya sama seperti perayaan hari besar agama lain dimasa pandemi Covid-19.

Pemimpin yang akrab disapa Sanem ini menyarankan warga Belitung yang merayakannya tanpa menggelar open house, sehingga sebaiknya parsel atau hadiah Imlek diantar ke rumah penerima.

"Diimbau juga agar tidak berkerumun. Dalam menjalankan ritual di Kelenteng atau Vihara agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Terutama mengatur ritual dalam beberapa sesi agar tetap bisa menjaga jarak," katanya, Rabu (10/2/2021).

Sanem menyebut, Sebelum hal tersebut juga telah disampaikan kepada perwakilan komunitas etnis Tionghoa di Belitung.

Makanya berdasarkan hal tersebut, mereka ketahui dan saat ini masing-masing Kelenteng dan Vihara sudah menyusun SOP dan protap (prosedur tetap) dalam pelaksanaan ritual tahun baru Imlek.

Hal senada juga disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Belitung Mahyudin.

Ia menyebut, agar perayaan Imlek pertama di Belitung dalam masa pandemi Covid-19 ini bisa disikapi dengan bijak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama tidak berkerumun dan tetap menjaga jarak.

"Mungkin perayaan ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tapi ini bagian dari upaya bersama dalam menekan kasus pandemi Covid-19," kata dia.

Ia menyarankan, dalam perayaan Imlek kali ini, meski tak ada open house secara terbuka, tapi tak mengurangi makna perayaannya dalam menyambut tahun yang baru bersama keluarga di rumah.

"Kami juga mengucapkan selamat tahun baru Imlek bagi yang merayakan. Kita sama-sama berharap, pandemi ini segera berlalu sehingga kita bisa menjalankan aktivitas seperti sedia kala," tuturnya. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved