Breaking News:

Berita Belitung

Tahun Baru Imlek 2021, XL Axiata Perkirakan Trafik Data Meningkat Lima Persen

XL Axiata telah mempersiapkan jaringan untuk mendukung kenyamanan aktivitas masyarakat  menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2021.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: nurhayati
Ist/Dok XL Axiata
Teknisi saat melakukan maintenance di BTS XL di Singkawang beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- XL Axiata telah mempersiapkan jaringan untuk mendukung kenyamanan aktivitas masyarakat  menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2021.

Meskipun berada dalam situasi pandemi, XL Axiata memperkirakan secara nasional akan ada peningkatan trafik data  sekitar 5 persen dibanding hari biasa.

Peningkatan trafik ini diprediksi akan terjadi di beberapa kota dengan konsentrasi perayaan Tahun Baru Imlek terbesar di Indonesia.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan pihaknya tetap melakukan serangkaian persiapan, meskipun potensi kenaikan trafik yang terjadi relatif tidak terlalu tinggi.

"Kapasitas jaringan kami siapkan hingga dua kali lipat. Peningkatan trafik akan lebih banyak terjadi di layanan data, sementara potensi kenaikan trafik layanan percakapan (voice) kami perkirakan hanya sekitar 2 persen," jelas I Gede Darmayusa, Rabu (10/2/2021).

Dibandingkan dengan perayaan tahun sebelumnya, konsumsi data tahun ini diprediksi lebih besar karena perubahan pola aktivitas masyarakat selama masa pandemi yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Sama seperti tahun sebelumnya, kenaikan trafik tahun ini pun diprediksi akan terjadi dibeberapa kota yang menjadi pusat perayaan Imlek terbesar di Indonesia.

Di antaranya Singkawang, Pontianak, Medan, Semarang, Bandung, dan Jakarta.

Dari jenis layanan, trafik layanan streaming secara umum diprediksi mengalami peningkatan sekitar 5-10 persen. Selain itu, layanan seperti video conference call, game online, web browsing, dan instant messaging (IM) akan turut mengalami peningkatan.

Hal ini tidak terlepas dari aktivitas pelanggan dan masyarakat yang memang masih dilakukan dari rumah.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved