Breaking News:

Info Kesehatan

Wajib Tahu! Luka Penyandang Diabetes Sukar Disembuhkan Ini Penyebabnya!

Penyandang diabetes dua kali lebih mungkin mengembangkan penyakit pembuluh darah perifer, suatu kondisi akibat sirkulasi darah yang buruk.

everydayhealth.com
Pada penyandang diabetes, luka cenderung sembuh lebih lambat dan berkembang lebih cepat. 

POSBELITUNG.CO - Penyakit Diabetes merupakan akibat ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi atau menggunakan insulin.

Sedangkan insulin adalah hormon yang memungkinkan tubuh mengubah glukosa, atau gula, menjadi energi.

Jika tubuh mengalami kesulitan memetabolisme glukosa, hal itu dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi. Ini dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.

Pada penyandang diabetes, luka cenderung sembuh lebih lambat dan berkembang lebih cepat, jadi penting untuk mengetahui apa yang harus diwaspadai.

Meskipun luka, goresan, goresan, dan lecet dapat terjadi di mana saja di tubuh, kaki adalah salah satu tempat cedera yang paling umum. Luka kecil di kaki bisa dengan cepat berkembang menjadi borok (ulkus)

Ulkus kaki bisa menjadi serius jika tidak ditangani. Antara 14 dan 24% orang yang menderita diabetes akan berakhir dengan amputasi tungkai bawah.

Untuk alasan ini, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan glukosa darah mandiri secara teratur dan memantau setiap luka dengan cermat. Mengobati luka sejak dini adalah satu-satunya cara untuk mengurangi risiko komplikasi.

Bagi penyandang diabetes, sejumlah faktor dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.

Dikutip dari American Diabetes Association, inilah sejumlah faktor penyebab utama luka sukar/lambat disembuhkan pada penyandang diabetes;

1. Kadar gula darah tinggi

Halaman
123
Editor: Rusaidah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved