Breaking News:

Gandeng IKAPTK dan Kalbis Institute, Pemkab Beltim Gelar Pelatihan UMKM Bagi Perangkat Desa

Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menggelar pelatihan bertajuk 'Peran Pemerintah Desa dalam Menciptakan Produk UMKM yang Berdaya Saing'.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: M Ismunadi
Ist/AbdulRachim
Pelatihan dilakukan secara daring pada Kamis (11/2/2021) kepada 39 Kepala Desa beserta Perangkat Pengawas Desa yang berada di Belitung Timur. 

Gandeng IKAPTK dan Kalbis Institute, Pemkab Beltim Gelar Pelatihan UMKM Bagi Perangkat Desa

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - UMKM menjadi salah satu pilar penting dalam peningkatan perekonomian masyarakat, khususnya di tengah pandemi covid-19.

Kendati demikian, masih ada pihak yang belum menyadari pentingnya dukungan terhadap UMKM di tengah masyarakat, utamanya di lingkup pemerintahan desa.

Melihat fenomena ini, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menggelar pelatihan bertajuk 'Peran Pemerintah Desa dalam Menciptakan Produk UMKM yang Berdaya Saing' bersama Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Belitung Timur dan Kalbis Institute.

Pelatihan dilakukan secara daring pada Kamis (11/2/2021) kepada 39 Kepala Desa beserta Perangkat Pengawas Desa yang berada di Belitung Timur. Materi yang disampaikan yakni terkait dengan kebijakan serta strategi yang tepat untuk mengembangkan UMKM.

Wakil Bupati Belitung Timur Burhanudin menyambut baik adanya pelatihan UMKM kepada perangkat desa ini.

"Saya berterima kasih kepada Kalbis Institute dan IKAPTK Belitung Timur yang telah berkontribusi bagi perekonomian di Belitung Timur dengan adanya pelatihan pada hari ini. Kiranya program ini dapat terus berkembang dan dilakukan dengan berkelanjutan,” kata Burhanudin kepada posbelitung co, Kamis.

Di tempat yang sama, Ketua IKAPTK Belitung Timur Abdul Rachim menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kepedulian alumni perguruan tinggi kepamongprajaan, khususnya di Belitung Timur dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi.

“Saya mengajak kepada alumni IKAPTK, khususnya di Belitung Timur untuk bersama sama meningkatkan kontribusi untuk memajukan ekonomi melalui UMKM," ujar Abdul.

Deputi Wakil Rektor I Kalbis Institute Siti Nurjanah mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur untuk membantu memajukan Belitung Timur dari sektor ekonomi.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan pelatihan yang telah diadakan Kalbis Institute pada 25-26 Juni 2020 dengan tema Strategi Bertahan dan Menangkap Peluang bagi UMKM Ditengah Pandemi Covid-19 dan Menyambut Adaptasi Kehidupan Baru," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Biro Pengabdian Kepada Masyarakat Kalbis Institute S.F.D. Arie Wibowo mengatakan bahwa kegiatan pelatihan dilakukan sebagai rangkaian pendampingan yang dilakukan secara berkelanjutan kepada pelaku UMKM beserta stakeholder yang berkepentingan didalamnya.

"Berdasarkan hasil pendampingan kami, pelaku usaha yang menjadi mitra binaan mengeluhkan kurangnya perhatian pemerintah, khususnya pemerintah desa terhadap mereka. Ini terjadi karena aparatur desa kurang memahami pentingnya UMKM. Oleh karena itu, kami berharap kesadaran perangkat desa meningkat setelah kegiatan ini, khususnya terkait pentingnya peran pemerintah guna meningkatkan daya saing UMKM," tutupnya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved