Breaking News:

Berita Belitung

Viral Video Aktivitas TI di Pantai Sungai Balai, Polres Belitung Kerahkan Satreskrim Cek Lokasi

Postingan video di akun facebook yang diunggah 18 jam lalu di sebuah grup media sosial tiba-tiba viral.

screenshoot video
Deretan dugaan TI di pesisir Pantai Sungai Balai, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung pada rekaman video akun facebook, Rabu (10/2/2021). 

POSBELITUNG.CO -- Postingan video di akun facebook yang diunggah 18 jam lalu di sebuah grup media sosial tiba-tiba viral.

Video berdurasi dua menit 55 detik itu merekam dugaan aktivitas  Tambang Inkonvesional (TI) di area pesisir Pantai Sungai Balai, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Meskipun tidak terlihat jelas, namun deru mesin saling bersahut dalam video yang telah mendapat 340 komentar nitizen itu.

Selain itu terdengar suara dari perekam video yang meminta Gubernur Bangka Belitung, Bupati Belitung dan aparat menindak aktivitas penambangan ilegal tersebut.

"Kepada bapak Bupati Belitung, gubernur ini mikak liat tambang di Sungai Balai ngara ke laut (ini kalian lihat tambang di Sungai Balai mengarah ke laut). La isak kemarik de razia, ukan base kan de bungkar, de setop malah makin ramai bagian laut ne (Sudah pernah kemarin dirazia, bukannya dibongkar, di top malah semakin ramai bagian laut ini)," katanya.

Sang pemilik akun juga meminta aparat melakukan tindakan profesional sesuai dengan tulisan imbauan yang tertera pada spanduk sekitar lokasi.

Ia mengklaim jika aparat tidak merespon maka masyarakat akan bertindak.

Bahkan dirinya mengatakan aktivitas penambangan ilegal tersebut sudah berjalan selama empat tahun.

Menanggapi video tersebut, Kabag Ops Polres Belitung Kompol Poltak ST Purba akan mengarahkan jajaran Sat Reskrim mengecek lokasi yang dimaksud.

Menurutnya jika ditemukan pelanggaran pihaknya akan mengambil tindakan tegas.

"Nanti kami akan berkoordinasi dengan pemda, dinas teknis dan aparat kecamatan dan desa setempat terkait kejelasan kejadiannya," kata Poltak.

Berdasarkan informasi, aktivitas penambangan ilegal di Sungai Balai sudah beberapa dilakukan mediasi antara kelompok penambang dengan nelayan dihadiri dinas teknis.

Bahkan pihak kepolisian sudah pernah membubarkan aktifitas tersebut pada Februari 2019 lalu.

( Posbelitung.co / Dede Suhendar )

Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved