Breaking News:

Berita Belitung

PII Usulkan Belitung Jadi KEK Kelautan dan Perikanan, Potensi Hasil Kelautan Menjanjikan

Persatuan Insinyur Indonesia (PII), mengusulkan Kabupaten Belitung menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kelautan dan Perikanan, setelah Belitung memil

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Fery Laskari
Pos Belitung/Disa Aryandi
ILUSTRASI : Pengibaran bendera merah putih di tengah laut Belitung 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Persatuan Insinyur Indonesia (PII), mengusulkan Kabupaten Belitung menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kelautan dan Perikanan, setelah Belitung memiliki KEK Tanjung Kelayang.

KEK Kelautan dan Perikanan ini diusulkan oleh para insinyur itu, lantaran Belitung  punya potensi hasil laut dan perikanan sangat luar biasa alias menjanjikan untuk dikembangkan.

"KEK Pariwisata sudah ada (KEK Tanjung Kelayang), begitu pula KEK Industri. Nah sekarang kami usulkan KEK Kelautan dan Perikanan. Ini akan menjadi pilot project," kata Ketua Umum PII Heru Dewanto kepada Posbelitung.co, Sabtu (13/2/2021).

Belitung sangat memungkinkan mendapat proyek strategi nasional tersebut, lantaran memiliki geografis sangat strategis, berada di ALKI 1 dan terletak pada perlintasan jalur Singapura - Australia.

Sumber daya kelautan dan perikanan pada perairan Belitung sangat melimpah, lantaran berdampingan dengan laut Natuna, Selat Karimata, Laut Jawa, dan Selat Bangka.

"D isini pula peluang investasi sangat banyak, dari mulai perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan dan ekspor, serta industri pariwisata," ujarnya.

Berdasarkan data dipegang PPI, Tahun 2020, produksi perikanan tangkap di Belitung mencapai 52.912 ton.

Sedangkan perikanan budidaya 152 ton, 1.960 ton di antara produksi ikan tersebut di ekspor dan ada pengeksporan ikan kerapu hidup sebanyak 65 ton, produksi perikanan 8.095 ton.

Area penangkapan ikan di Perairan Belitung 226.295 hektare, perikanan budidaya ada 151.220 hektare. Sedangkan di perairan umum ada 1.200 hektare.

"Dari situ jadi bisa dilihat memang potensi nya luar biasa sekali, dan ini harus di dorong untuk dikembangkan. Ditengah pandemi saja produksi perikanan masih tinggi," katanya.

Namun, kata dia, usulan KEK Kelautan dan Perikanan ini tidak terlepas dari potensi yang dimiliki Belitung. 

"Hanya saja selama ini banyak yang belum tergali, sehingga harus bisa dimanfaatkan dan dimaksimalkan. Untuk membuka kunci ini butuh dukungan infrastruktur, salah satunya adalah pengembangan pelabuhan (membangun Pelabuhan Samudra -red)," tegasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)
 

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved