Breaking News:

Berita Belitung Timur

Kwarcab Gerakan Paramuka Beltim Adakan Gladi Tangkas

Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Belitung Timur adakan gladi tangkas bagi anggota Satgas Pramuka Peduli se-Belitung Timur,

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
posbelitung/suharli
Tim Kwaran Gantung, saat mengikuti lomba Evakuasi Rubber Boat bertempat di Sekretariat Kwaran Kelapa Kampit. Minggu (14/2/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Belitung Timur adakan gladi tangkas bagi anggota Satgas Pramuka Peduli se-Belitung Timur, bertempat di Sekretariat Kwartir ranting (Kwaran) Kelapa Kampit, Minggu (14/2/2021).

Adapun lomba-lomba yang diadakan yakni, lomba pemeriksaan kerapian pakaian dan Yel Yel, lomba pasang bongkar tenda Keluarga seri 3, lomba Evakuasi Rubber Boat, lomba PPGD dan Lomba Evakuasi Korban dengan tandu darurat.

Setiap Kwaran mengirimkan satu tim yang terdiri dari lima orang putra dan putri, dengan Juri untuk lomba diatas terdiri dari unsur Pembina Pramuka, BPBD, BASARNAS dan TAGANA.

Pantauan posbelitung.co di lapangan masing-masing tim tampak piawai mengikuti semua lomba yang di pertandingkan.

Ketua Pelaksana kegiatan, Serda Udara, Supriadi menyampaikan yang melatar belakangi kegiatan ini yakni guna kesiapsiagaan penanggulangan bencana di kecamatan masing-masing.

"Ini juga sebagai ajang silaturahmi peserta didik Pramuka yang mempunyai spesifikasi penanggulangan bencana," ujar proa yang akrab disapa Kak Adhi itu kepada posbelitung.co, Minggu (14/2/2021).

Selain itu, juga meningkatkan ketrampilan, dan menimbulkan rasa kompetisi. Dia mengaku yang melatar belakangi kegiatan ialah sebagai kesiapan penanggulangan bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

"Satuan Pramuka peduli ini sebenarnya ada tiga bidang penanggulangan bencana, pengabdian ke masyarakat dan kelestarian lingkungan," ucapnya.

Menjadi juara umum dari lima perlombaan yakni Kwaran Gantung, dari lima kecamatan yang hadir dalam Geladi Tangkas, dua kecamatan yang tidak hadir yakni Kwaran Manggar dan Simpang Renggiang.

Wakabina muda Kwarcab Belitung Timur, Ari Adriyansyah mangatakan pada jenjang Pramuka ini ada pendega, lebih peduli dalam hal tanggap bencana.

"Pramuka peduli ini dipersiapkan untuk menjadi relawan baik bencana alam maupun non alam, mereka siap diturunkan," ujarnya. (posbelitung.co,suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved