Breaking News:

Berita Belitung

Kasus Sabu 1,2 Ons di Belitung Masuk Tahap Satu, Tersangka Terancam Hukuman Mati

Pengungkapan dua kasus penyalahgunaan narkoba yang dilakukan jajaran Sat Res Narkoba Polres Belitung memasuki tahap satu.

Megapolitan kompas
Ilustrasi Sabu-sabu. Narkoba jenis ini merupakan zat psikotropika yang sering dijumpai di Indonesia. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pengungkapan dua kasus penyalahgunaan narkoba yang dilakukan jajaran Sat Res Narkoba Polres Belitung memasuki tahap satu.

Bahkan sampel barang bukti berupa sabu telah dikirim ke laboratorium BNN Kota Bogor dan dalam waktu dekat hasilnya akan keluar.

Satu di antara kasus tersebut atas tersangka Iin Haryanto (32) merupakan pengungkapan terbesar dengan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 1,2 ons.

"Berkasnya masih tahap penelitian dan pasti P18 karena hasil lab belum dilampirkan. Karena untuk mempercepat, jadi tinggal menunggu hasil lab saja," ujar Kasat Res Narkoba Polres Belitung AKP Naek Hutahayan, Senin (15/2/2021).

Ia menambahkan untuk pengembangan kasus tersebut pihaknya belum menemukan bukti penjualan barang haram yang dikemas plastik klip puluhan bungkus itu.

Namun penerapan pasal yang menjerat kedua tersangka masih belum ada perubahan.

Khusus tersangka Iin Haryanto, kata Hutahayan, memang lebih berat berdasarkan perannya dijerat Pasal 114 ayat (2) dan atau 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati; seumur hidup atau pidana penjara paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda Rp 10 miliar ditambah sepertiga dan atau pidana penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda Rp 8 miliar ditambah sepertiga.

Pengungkapan kasus Iin Haryanto terjadi pada Senin (25/1/2021) lalu di Jalan Gatot Subroto, RT 24 RW 12, Kelurahan Tanjungpendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Waktu itu, tersangka yang merupakan residivis berstatus pembebasan bersyarat itu kedapatan membawa dus indomie berisikan narkoba jenis sabu siap jual. (posbelitung.co /dede s)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Eltjandring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved