Breaking News:

Berita Belitung

Sekolah Tetap Gelar Ujian Sekolah, Bisa Dilakukan Daring Atau Luring

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Belitung Hermiadi mengatakan sepertinya pelaksanaan ujian sekolah tetap dilaksanakan, termasuk ujian praktik.

IST/Dok SMKN 1 Sijuk
Siswa SMKN 1 Sijuk saat mengikuti UAS langsung di sekolah, Senin (30/11/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Belitung Hermiadi mengatakan sepertinya pelaksanaan ujian sekolah tetap dilaksanakan, termasuk ujian praktik.

Nantinya ujian sekolah bisa dilakukan secara daring maupun luring yang diserahkan pada masing-masing sekolah.

"Nilai ujian sekolah masuk untuk nilai pembagi rapor," katanya, Senin (15/2/2021) kepada Posbelitung.co.

Penentuan kelulusan siswa, kata dia, akan mengacu pada SE Mendikbud nomor 1 tahun 2021 tentang peniadaan ujian nasional dan ujian kesetaraan serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran Covid-19.

Ada tiga penentu kelulusan yakni menyelesaikan program pembelajaran yang dibuktikan dengan nilai rapor semester satu hingga semester lima, memperoleh nilai perilaku minimal baik, dan mengikuti ujian yang diselenggarakan satuan pendidikan.

Menurut pria yang juga Kepala SMA Negeri 2 Tanjungpandan tersebut, di sekolahnya rencana ujian sekolah akan dilakukan secara luring berupa tes tertulis.

"Pelaksanaannya seperti ujian biasa. Kalau untuk protokol kesehatan tetap, apalah nanti siswa diliburkan jadi ada 21 ruang kelas. Kalau jumlah siswa per kelas dibagi dua, jadi tetap memungkinkan," kata dia.

"Prokes lain jiga tetap bisa dipenuhi dan berjalan seperti saat ini, siswa menggunakan masker, mencuci tangan, dan ruangan rutin disemprot disinfektan," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala SMA Negeri 1 Tanjungpandan Jantimala. Sekolah di Jalan Gatot Subroto, Tanjungpandan itu menjadwalkan ujian sekolah pada 22-31 Maret 2021. Ujian tersebut akan dilaksanakan secara daring di sekolah.

"Persiapan sudah dimulai dengan penyusunan soal dengan kisi kisi yang sudah ada. Perangkat sudah oke tidak ada masalah, siswa menggunakan hp atau laptop. Ada juga sedia cadangan tablet sekolah jika siswa bermasalah di perangkat," katanya.

Halaman
123
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved