Breaking News:

Berita Belitung

Ujian Nasional 2021 Ditiadakan, Sekolah Tetap Jadwalkan Ujian Sekolah dan Ujian Kompetensi Kejuruan

Pelaksanaan ujian nasional 2021 ditiadakan berdasarkan surat edaran Mendikbud nomor 1 tahun 2021.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala SMKN 3 Tanjungpandan Abdul Albar dan Waka Kurikulum SMKN 3 Tanjungpandan Titiek Murjiyah, Senin (15/2/2021). 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Pelaksanaan ujian nasional 2021 ditiadakan berdasarkan surat edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021.

Terkait hal tersebut, Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMKN 3 Tanjungpandan Titiek Murjiyah mengatakan penentuan kelulusan siswa kelas 12 tetap dilakukan berdasarkan aturan tersebut, yakni berdasarkan nilai semester 1-5, memperoleh nilai sikap minimal baik, dan mengikuti ujian yang diselenggarakan.

"Tapi untuk penentuan kelulusan ini sekarang kami juga masih belum ada juknisnya nanti seperti apa. Tapi kalau berdasarkan SE seperti itu," ungkap Titiek kepada Posbelitung, Senin (15/2/2021).

Menurut Kepala SMKN 3 Tanjungpandan Abdul Albar, saat ini pihaknya masih menunggu hasil rapat musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) Provinsi Bangka Belitung perihal ujian sekolah (US) dan ujian kompetensi kejuruan (UKK).

Sebelumnya, pria yang juga Sekretaris MKKS SMK Kabupaten Belitung ini mengatakan, MKKS SMK kabupaten telah mengadakan rapat pada Kamis (11/2/2021) buat merancang jadwal US yang rencananya akan digelar 29-31 Maret 2021.

US juga bakal digelar berbasis komputer yang pelaksanaannya kemungkinan secara daring.

"Arahan dari dinas pendidikan provinsi berbasis komputer, kami dengan jumlah 200-an siswa, lalu peralatan 70 tablet dan 50 komputer tidak cukup, pelaksanaan kemungkinan di rumah via online," ucapnya.

"Kemarin kami sudah rapat MKKS dan ditindaklanjuti rapat kecil di sekolah, itu rencananya penyusunan soal 2-12 Maret, 15-19 Maret penginputan soal. Tapi masih fleksibel, karena sebagai pelaksana tidak serta merta mengambil kebijakan sendiri dan masih menunggu kebijakan dinas pendidikan provinsi," kata Abdul.

Sementara itu, UKK pada tahun ajaran ini juga akan digelar mulai 1 April 2021. Namun jadwal pelaksanaan tersebut disesuaikan masing-masing sekolah berdasarkan jumlah siswa dan banyaknya program kejuruan.

"Biasanya UKK ini butuh waktu lebih dari 3-4 hari. Kalau kami SMKN 3 akan melaksanakan 5-8 April," kata Abdul. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved