Breaking News:

Kepala Dusun dan Kepala Desa Ketiban Rezeki, DPPKBPMD Belitung Usulkan Perubahan Penghasilan

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mengajukan usulan yang bisa menambah penghasilan kepala desa.

posbelitung.co /dokumentasi
Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, DPPKBPMD Kab Belitung Antonio Afrzia 

Kepala Dusun dan Kepala Desa Ketiban Rezeki, DPPKBPMD Belitung Usulkan Perubahan Penghasilan

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung mengajukan usulan peraturan bupati (perbup) tentang rancangan penghasilan tetap (siltap) kepala desa, perangkat desa dan tunjangan aparat pemerintahan desa

Usulan perbup tersebut didasari Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Perubahan Kedua Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Dalam Pasal 81 ayat (2) huruf c menyebutkan besaran siltap perangkat desa lainnya paling sedikit Rp 2.022.200 setara 100 persen dari gaji pokok PNS golongan II/a.

"Kadus ini di perbup sebelumnya Rp 1.250.00 masih di bawah PP 11 sehingga dinaikkan sama dengan perangkat desa lainnya selevel kasi kaur. Tapi ini baru usulan rancangan perbup dan masih diproses," ujar Kabid Pemberdayaan Masyarakat, DPPKBPMD Kabupaten Belitung Antonio Apriza kepada posbelitung.co , Selasa (16/2/2021).

Menyikapi kenaikan siltap tersebut, DPPKBPMD juga menyusun secara rinci tugas pokok dan fungsi (tusi) kadus.

Pada dasarnya sesuai aturan, tusi seorang kadus meliputi kependudukan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Tetapi dari dua tusi tersebut akan lebih dirincikan dan kadus ke depannya harus berkantor di desa sama dengan perangkat lainnya.

"Jadi penyelesaian konflik di masyarakat desa diarahkan ke dusun dulu, kalau sudah tidak bisa baru lah ke kades," ungkapnya.

Ia menjelaskan komponen penghasilan perangkat desa terdapat tiga sumber yaitu siltap, tunjangan dan penerimaan lain yang sah.

Halaman
12
Penulis: Dede Suhendar
Editor: M Ismunadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved