Breaking News:

Berita Belitung

Foto KTP Elektronik Bisa Diganti, Begini Ketentuannya

Dirjen Dukcapil sudah memberikan arahan bahwa pada prinsipnya foto pada KTP-el bisa diganti.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belitung Robert Harison, Rabu (17/2/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belitung Robert Harison mengatakan memang ada pertanyaan seputar pergantian foto pada KTP elektronik, meski selama ini belum ada kebijakan yang jelas. 

Namun kini Dirjen Dukcapil sudah memberikan arahan bahwa pada prinsipnya foto pada KTP-el bisa diganti.

"Ingat, pada prinsipnya bisa setelah melalui tahapan-tahapan, tahapannya tidak panjang, tapi setelah melalui penilaian bahwasanya memang patut untuk dilakukan pergantian foto. Jadi pergantian foto ini karena suatu urgensi bukan kepentingan," katanya, Rabu (17/2/2021) kepada Posbelitung.co.

Ada empat ketentuan seseorang bisa mengganti foto KTP-el. Pertama, urgensi dari aspek agama.

Misalnya ketika seorang perempuan memiliki KTP-el yang fotonya belum menggunakan jilbab lalu sekarang sudah menggunakan jilbab atau sebaliknya.

Kedua, apabila terjadi perubahan mendasar pada kondisi wajah yang menyebabkan sulit dikenali ketika menggunakan foto lama. Contohnya pernah mengalami kecelakaan kemudian menyebabkan ada operasi wajah sehingga wajahnya berubah.

Ketiga apabila terjadi pengaburan identitas, seperti kalangan waria yang jika pada foto KTP-el sebelumnya berambut panjang sehingga tampilan seperti wanita, sehingga harus mengganti foto terbaru sebagai pria.

Keempat karena faktor usia yang menyebabkan perubahan wajah dalam kurun waktu tertentu.

Mengenai persyaratan, kata dia, pemohon harus membawa fotokopi kartu keluarga dan surat permohonan berdasarkan alasan pergantian foto KTP-el.

"Permohonan pribadi ditujukan kepada dinas kependudukan dan pencatatan sipil agar dilakukan pergantian foto. Dua saja, sangat tidak ribet, cuman nanti akan kami pertimbangkan kelayakan pergantian fotonya," ucapnya.

"Kalau pergantian karena kurang berhias itu tidak bisa. Penggantian tidak sulit, tapi harus disertai alasan yang rasional bukan karena suka-suka," imbuh Robert.

Menurutnya, karena penggantian foto KTP-el ini termasuk layanan yang baru dibuka, maka masyarakat bisa mengajukan langsung ke dinas tersebut.

Nantinya akan ditetapkan hari tertentu buat layanan tersebut setelah ada beberapa permohonan yang masuk.

"Karena secara sistem akan menyetop hal lain, karena ada perubahan data sehingga akan dilakukan di luar jam kerja. Setelah ada beberapa permohonan, baru kemudian akan kami tentukan hari dan jam pelayanannya,"jelas  Robert. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved