Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Kapolsek Manggar Ingatkan Ada Hukuman, Menghalang-halangi Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19

Kapolsek Manggar AKP Ulung Baehaki mengingatkan agar tidak ada yang menghalang-halangi petugas yang sudah ditunjuk dalam setiap pemakaman

Ist/Polsek Manggar
Kapolsek Manggar AKP Ulung Baehaki saat memantau pemulasaran jenazah pasien covid-19 swab antigen di Puskesmas Manggar, Rabu (17/2/2021) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG --  Kapolsek Manggar AKP Ulung Baehaki mengingatkan agar tidak ada yang menghalang-halangi petugas yang sudah ditunjuk dalam setiap pemakaman jenazah covid-19, baik positif, probable, ataupun suspect.

Kepada Posbelitung.co, Rabu (17/2/2021), ia mengatakan perbuatan itu bisa dipidana penjara paling lama satu bulan dua minggu atau denda paling banyak seribu delapan ratus rupiah.

"Pada pasal 178 KUHP ada penjelasan soal itu. Bunyinya, 'barang siapa yang dengan sengaja merintangi atau menghalang-halangi jalan masuk atau pengangkutan mayat ke kuburan yang diizinkan diancam dengan pidana'," tegas Ulung.

Terkait dengan pemakaman pasien probable covid-19 warga Desa Baru Manggar hari ini, ia mengatakan awalnya memang ada penolakan dari pihak keluarga untuk dimakamkan secara protokol covid-19.

Baca juga: Perempuan Positif Covid-19 Swab Antigen di Belitung Timur Meninggal Dunia, Status Kematian Probable

Sejak Enam Orang Pegawai Positif Covid-19, Puskesmas Manggar Ditutup Sementara

Namun, lanjutnya, setelah diberi pengertian dan penjelasan akhirnya keluarga mengerti dan bersedia dikuburkan secara protokol kesehatan.

"Kita harus tegas dalam melaksanakan SOP dan aturan karena terkait dengan pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah kita. Tapi ada hal-hal yang harus dilakukan secara persuasif dan humanis. Kita selalu upayakan pendekatan-pendekatan itu dulu," ungkap Ulung.

Ia mengimbau kepada seluruh warga Belitung Timur agar selalu menaati protokol kesehatan. Karena kasus transmisi lokal terus menanjak beberapa waktu terakhir.

"Selalu terapkan 5M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Itu kunci kita sekarang ini dalam mencegah penyebaran covid-19," pesan Ulung. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved