Breaking News:

Minimal Dua Kapal Pengangkut Gas LPG Bongkar Muat di Pelindo II Belitung Setiap Pekan (VIDEO)

Pengiriman gas LPG subsidi dan non subsidi dari Statiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) Pulau Bangka menuju Belitung, menggunakan transportasi laut

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Pengiriman gas LPG subsidi dan non subsidi dari Statiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) Pulau Bangka menuju Belitung, menggunakan transportasi laut dipastikan General Manager (GM) Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Tanjung Pandan Hambar Wiyadi setiap pekan bersandar.

Kapal bermuatan gas LPG itu, minimal dua kali dalam satu pekan melakukan bongkar muat. Ada yang melakukan bongkar muat gas LPG berbobot 3 kilogram (Kg), 5,5 Kg, 12 Kg dan 50 Kg.

"Kalau pengiriman atau kapal bersandar di Pelindo sejauh ini tidak ada masalah, lancar-lancar saja. Satu minggu itu, dua kali rata-rata datang dari Bangka. Dari Januari sampai sekarang, lancar-lancar saja," kata Hambar kepada Posbelitung.co, Selasa (16/2/2021).

Menurutnya, bongkar muat gas LPG tersebut,  jika hendak bersandar di Pelindo menjadi prioritas.

Apabila ada kapal yang menghalangi, maka kapal tersebut harus digeser terlebih dahulu.

"Bongkar muat juga kapan saja bisa 24 jam. Ya kegiatan bongkar tidak masalah. Malah kami mau support, kami sudah siapkan dengan mitra kami untuk tangker dilayani, karena untuk mempercepat distribusi," ungkap Hambar.

Kapal tersebut bisa berkapasitas 500 grosstone (Gt). Berbagai peralatan atau keperluan bongkar muat, seperti pipa dan genset sudah tersedia.

"Ini pelayanan khusus istilahnya, karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Setelah bongkar nanti dibawa ke SPBG, jadi kedepan mungkin gas melon yang kosong tidak perlu lagi dibawa keluar, cukup didistribusi disini. Ini sudah ready, tinggal perizinan Pertamina saja," jelasnya.

Pelayanan kapal bermuatan gas LPG ini, bisa menjadi solusi permasalahan gas LPG sekarang ini. 

"Jadi fasilitas pendukung semua nya sudah siap, dan bisa jadi solusi soal gas ini," bebernya.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Tomi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved