Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Perempuan Positif Covid-19 Swab Antigen di Belitung Timur Meninggal Dunia, Status Kematian Probable

Seorang perempuan meninggal dunia dalam keadaan positif covid-19 swab antigen di Puskesmas Manggar, Rabu (17/2/2021) pagi pukul 07.25 WIB.

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Sesaat sebelum jenazah dikebumikan, Rabu (17/2/2021). 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Seorang perempuan meninggal dunia dalam keadaan positif covid-19 swab antigen di Puskesmas Manggar, Rabu (17/2/2021) pagi pukul 07.25 WIB.

Perempuan ini diketahui bernama D tinggal di Desa Baru, Manggar dan berusia 42 tahun.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Supeni mengungkapkan D datang ke Puskesmas Manggar diantar keluarganya pukul 07.20 WIB.

"Saat datang kondisi pasien sudah tidak sadarkan diri. Sesaat setelah datang pasien meninggal dunia. Dari keterangan keluarga, almarhumah sudah mengalami demam dan sesak napas tiga hari terakhir. Melihat gejala itu, tim dokter memutuskan melakukan swab antigen oleh tim Surveilans dan hasilnya positif. Termasuk dalam kasus kematian probable," kata Supeni ditemui Posbelitung.co, Rabu (17/2/2021).

Menurutnya,  setelah pemeriksaan, didapatkan bahwa pasien juga ada penyakit penyerta yaitu jantung.

Setelah meninggal dan dinyatakan positif covid-19 swab antigen, maka pemulasaran jenazah dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

Kepala Seksi Surveilans Bidang P2P Dinkes-PPKB Beltim Herlina menyampaikan ada penolakan dari keluarga saat ingin dipulasara di Puskesmas Manggar.

Namun karena beberapa pendekatan, akhirnya bisa dilakukan sesuai prokes Covid-19.

"Jadi kami langsung menghubungi tim satgas kabupaten. Langsung diurus sampai ke pemakaman, seperti menyiapkan peti oleh BPBD dan pengawalan dari rekan TNI/Polri," kata Herlina.

Keluarga dari pasien ini juga menurut Herlina sudah dilakukan tracking dan dilakukan swab antigen juga. Hasilnya ada dua anggota keluarga yang dinyatakan positif covid-19 swab antigen.

"Yang bersangkutan sudah kami minta untuk isolasi mandiri. Selanjutnya dua sampai tiga hari lagi akan kami lakukan tes swab antigen massal di sekitar tempat tinggal pasien tersebut sembari menunggu masa inkubasi virus dan masa duka keluarga," kata Herlina.

Saat ini jenazah sudah dikebumikan di Perkuburan Desa Baru, Manggar pada pukul 11.30 WIB. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved