Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Ketika Belitung Timur Tak Keluarkan Rilis Covid-19, Begini Tanggapan Mikron Antariksa

Ketua Sekretariat Tim Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa, Jumat (19/2/2021) menyoroti tentang

Bangkapos.com/Darwinsyah
Ilustrasi Covid-19 di Bangka Belitung 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ketua Sekretariat Tim Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa, Jumat (19/2/2021) menyoroti tentang tidak adanya rilis yang dibuat oleh Pemda Belitung Timur (Beltim) terkait data pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurutnya rilis itu bisa meningkatkan kewaspadaan masyarakat dan ikut membantu mengawasi penyebaran Covid-19 di sekitar tempat tinggalnya.

"Itu lah, semakin naik kasus malah semakin menurun kinerja. Seharusnya semakin meningkat kinerja yang salah satunya ditandai dengan penyajian data yang terbuka, akurat, dan akuntabel untuk masyarakat," kata Mikron kepada Posbelitung.co, Jumat (19/2/2021).

Mikron bilang saat ini sudah ada peraturan dari Menteri Kesehatan yang menyatakan bahwa hasil swab antigen bisa dijadikan sebagai penegak diagnosis dan skrining Covid-19.

Melalui hasil swab antigen itu Pemda bisa memakainya sebagai dasar pembuatan rilis Covid-19. Untuk hasil pemeriksaan PCR dari Labkesda Pangkalpinang bisa dijadikan sebagai data kumulatif kasus.

"Hal ini sebagai wujud dari keterbukaan informasi publik. Biar masyarakat juga bisa tahu, oh di sekitarnya ada orang dengan Covid-19. Jadi bisa turut mengawasi juga," kata dia.

Sementara itu, Plh Bupati Belitung Timur, Ikhwan Fakhrozi, Jumat (19/2/2021) mengatakan, memang sudah menyetop pembuatan rilis Covid-19. Ia beralasan bahan pembuatan rilis Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab PCR di Labkesda Pangkalpinang lama keluarnya.

Ia mengaku sudah berencana akan membuat rilis covid-19 berdasarkan hasil swab antigen, namun masih ada beberapa hal yang dipertimbangkan.

"Mekanisme laporan dari tim surveilans, data yang masuk, sampai rilis itu yang sedang disiapkan. Jangan sampai nanti data dirilis malah membuat orang terpapar corona itu dikucilkan dan membuat masyarakat paranoid," kata Ikhwan.

Ia menegaskan Pemda tidak ingin dikatakan main-main dalam menangani Covid-19. Masyarakat tetap bisa melihat informasi penambahan kasus Covid-19 di website corona.belitungtimurkab.go.id.

Sebagai informasi, Pemda Belitung Timur sudah tidak mengeluarkan rilis covid-19 sejak 14 Februari 2021 lalu. Sejak itu sampai Kamis (18/2/2021) penambahan kasus Covid-19 di Belitung Timur sejumlah 21 kasus. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved