Breaking News:

Berita Belitung

Ketam Isi, Cara Mudah Nikmati Daging Kepiting yang Kini Jadi Oleh-oleh Populer Belitung

Rasa-rasanya gak lengkap kalau usai berwisata ke Belitung gak bawa oleh-oleh kuliner ini. Yaps, ketam isi. Ketam isi menjadi olahan yang semakin

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Ketam isi atau kepiting isi khas Belitung yang kini jadi kuliner populer. Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Rasa-rasanya gak lengkap kalau usai berwisata ke Belitung gak bawa oleh-oleh kuliner ini. Yaps, ketam isi. Ketam isi menjadi olahan yang semakin populer.

Bahkan kini makanan ini telah banyak dikembangkan tak hanya di Belitung tapi juga diberbagai daerah. Sebutannya beragam, mulai kepiting isi sampai kepiting buncit.

Ketam isi memang jadi cara nikmat dan gak ribet menikmati daging kepiting. Karena daging kepiting telah diolah dan dibumbui, lalu adonan dagingnya dimasukkan ke cangkang badan kepiting.

Setelahnya, digoreng sampai berwarna kuning keemasan. Rasa gurih dan nikmatnya pun bikin kuliner ini enak disantap sebagai lauk atau dimakan begitu saja.

Menelisik kuliner ini lebih jauh, Sang Inovator H Abdul Karim merupakan pemilik rumah makan legendaris Pribumi yang berlokasi di Jalan Letjen MT Haryono, Tanjungpandan, Belitung.

Resep ini ia ciptakan sekitar tahun 1985. "Alhamdulillah sampai saat ini ordernya selalu datang. Banyak yang mengikuti jejak kita di Belitung ini, usaha kepiting isi," ujarnya pada Posbelitung.co beberapa waktu lalu.

Melalui kuliner kreasinya, ia mewarnai pariwisata Negeri Laskar Pelangi agar semakin mempesona. Ia percaya bahwa daerah harus punya daya tarik tersendiri dalam menarik minta para wisatawan. Buah pikirnya pun menambah ragam kuliner Nusantara.

Merek ketam isi khas Belitung juga kian beragam. Karena biasa dijadikan buah tangan, kerap makanan ini tak sekadar disajikan sudah digoreng, tapi juga dalam kondisi beku atau frozen. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved