Breaking News:

Berita Belitung

Kondisi Belitung di Mata Darmansyah Husein, Simak Kritik dan Sumbang Sarannya

Anggota DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Bangka Belitung (Babel), H Darmansyah Husein mengatakan, Belitung harus fokus pada pemulihan ekonomi secara

Pos Belitung/Dedy Qurniawan
Darmansyah Husein 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Anggota DPD RI asal Daerah Pemilihan (Dapil) Bangka Belitung (Babel), H Darmansyah Husein mengatakan, Belitung harus fokus pada pemulihan ekonomi secara menyeluruh.

Paling cepat pemulihan ekonomi bisa dilakukan pada sektor pertanian serta kelautan dan perikanan.

Mantan Bupati Belitung dua periode itu menyebut, sangat mudah untuk pemulihan ekonomi di daerah ini.

Sebab sektor perikanan dan pertanian serta sumber daya alam lainnya, masih melimpah, menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat setempat.

"Kemudian soal pariwisata, ini harus juga cepat didorong, karena apa? Sektor ini punya hubungan dengan KUKM. Istilahnya multiplayer effect," kata Darmansyah kepada Posbelitung.co, Sabtu (20/2/2021).

Sektor pariwisata ini, perlu didorong cepat oleh pemerintah kabupaten, karena itu merupakan bagian  program unggulan daerah. 

"Ini perlu didorong walaupun kategori masih berat, karena apa, kita keterbatasan dengan orang tidak boleh terlalu banyak berkumpul - kumpul, tidak boleh menciptakan keramaian. Namun tidak semua yang dijadikan even itu bisa menimbulkan keramaian, ini harus diatur bagus-bagus," sarannya.

Ia mencontohkan, Pemerintah Kabupaten Belitung Tahun 2020 mendapat insentif dari pemerintah pusat, lalu anggaran tersebut sebagian besar dipergunakan membuat even.

"Yang datang paling banyak masyarakat lokal saja, yang dari luar daerah belum bisa diundang. Nah sekarang ini, yang dari luar Belitung perlu diundang dan dimunculkan ke sini, agar perekonomian bisa berputar lagi pada sektor ini," jelasnya.

Terhadap pembangunan Belitung, ia menilai pada segi infrastruktur sudah bagus.

Hanya saja, infrastruktur bersifat besar seperti Museum Maritim dan KEK Tanjung Kelayang harus diperkuat kembali.

Terutama Pemerintah Kabupaten Belitung harus menagih janji pemerintah pusat, tentang investasi senilai Rp18 triliun. Sebab janji investasi tersebut, hingga sekarang belum terealisasi.

"Ini harus dikejar, misalkan infrastruktur air bersih itu belum selesai. Terpenting lagi geosite-geosite harus diciptakan berkelas dunia. Ini yang harus dikejar, dana insentif harus lebih banyak tergelontor di Belitung. Kemudian even-even harus internasional dibuat satu atau dua dalam satu tahun," tegasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)
 

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Fery Laskari
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved