Breaking News:

Berita Belitung Timur

Tunggu Regulasi dari Kabupaten Belitung Timur, Kades Buding Siap Salurkan BLT Dana Desa

Kepala Desa Buding Mardini pastikan desa yang dipimpinnya siap salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 300 lebih KPM.

Posbelitung.co/Suharli
Kepala Desa Buding Mardini (kiri) dan Staf Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DSPMPD) Kabupaten Belitung Timur, Deni styawan saat berada di sirkuit grass track Desa Buding, Minggu (21/2/2021) posbelitung/suharli 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Kepala Desa Buding Mardini pastikan desa yang dipimpinnya siap salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 300 lebih Keluarga Penerima Manfaat (KPM), tetapi masih menunggu regulasi dari Kabupaten Belitung Timur.

"Dana dari kemenkeu yang ditranfer ke daerah ke rekening desa sudah masuk (dana desa) khusus untuk BLT, tinggal menunggu regulasi dari kabupaten, uangnya sudah ada di desa," kata Mardini kepada Posbelitung.co, Minggu (21/2/2021).

Oleh karenanya, menurut Mardini Desa Buding belum bisa posting ke aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskudes).

Dia berpedapat saat ini mungkin petugas dari kabupaten sedang memantapkan berkas-berkas  pemostingan Ssskudes karena setiap desa ada satu orang petugas.

"Ketika sudah di posting ke Siskudes, APBDes 2021 kan sudah disahkan, sebenarnya sudah bisa disalurkan tetapi menunggu regulasi Siskudes, kalau mereka sudah siap dari kabupaten kami akan salurkan secepat," ungkapnya.

Ada 311 KPM yang ada di Desa Buding, yang mendapat BLT dana desa dengan jumlah Rp 300.000 perbulan per PKM. Namun menurutnya penyaluran BLT tidak akan terlalu lama lagi.

"Karena  pemdes melalui APDESI berkoordinasi ke Kabupaten, jangan sampai saat ini sudah bulan kedua belum tersalurkan apalagi untuk masyarakat yang membutuhkan," ungkap Mardani.

Sesangkan untuk PKM menurutnya tidak ada perubahan signifikan hanya saja mendata orang sudah meninggal dan menganti kepada warga yang layak menerima BLT lainnya.

Sementara itu, Staf Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DSPMPD) Kabupaten Belitung Timur, Deni styawan mengaku untuk BLT baru belasan desa siap menyalurkan dari 39 Desa se Kabupaten Belitung Timur.

Dia menjelaskan penyaluran BLT kemungkinan tidak alan seretak seluruh desa. Untuk desa yang sudah siap kemungkinan minggu depan sudahbakan mulai dapat menyalurkan BLT. ( Posbelitung.co / Suharli )

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved