Breaking News:

Berita Belitung

Dua Bulan SMPN 6 Tanjungpandan Kembangkan Situs Web Sekolah

Butuh dua bulan pengembangan website SMPN 6 Tanjungpandan sebelum akhirnya diluncurkan, Senin (22/2/2021).

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Butuh dua bulan pengembangan website SMPN 6 Tanjungpandan sebelum akhirnya diluncurkan, Senin (22/2/2021).

Menurut pengelola situs web Gerry Wirio, ide pengembangan situs smpn6tp.sch.id tersebut gagasan tersebut berawal dari keinginan membuat media publikasi sekolah secara daring. Agar bisa diakses masyarakat, siswa, dan guru melalui perangkat laptop maupun ponsel.

"Agar masyarakat, siswa, dan guru bisa melihat perkembangan kegiatan dan promosi sekolah dari internet baik hp maupun laptop. Apalagi sekarang masih masa pandemi kegiatan belajar di sekolah hanya sebentar, lebih banyak di rumah sehingga pembelajaran bisa disampaikan secara daring," kata dia.

Selanjutnya, website yang telah diluncurkan bisa diakses tak hanya lingkup SMPN 6 Tanjungpandan saj, tapi seluruh sekolah, termasuk orang tua. Sehingga beragam aktivitas sekolah dapat diunggah melalui portal tersebut.

"Jadi semua akan di publish di web sehingga menjadi bukti kegiatan dan bisa menjadi sesuatu yang dibanggakan. Harapannya supaya dapat dimanfaatkan khususnya warga sekolah dan warganet, serta dapat dicontoh sekolah lain di Belitung," ucap dia.

Website sekolah tersebut memiliki delapan bar menu. Mulai dari beranda, profil sekolah, berita, direktori, informasi, dan galeri. Juga download dan buku tamu.

Menurut Kepala SMPN 6 Tanjungpandan Yusman, website tersebut juga memuat artikel guru dan siswa.

"Pekan lalu kami suda mengadakan pelatihan cerpen yang diikuti 60 siswa serta menghadirkan dua narasumber yang merupakan penulis antologi cerpen. Sehingga ada 60 cerpen yang bisa dinikmati di website ini," ucapnya.

Kemudian rencananya para fotografer profesional juga diundang agar dapat melatih 30 siswa yang akan mengabadikan kegiatan sekolah yang akan dipublikasikan. Serta para guru akan ada pelatihan pembuatan media pembelajaran berupa file yang bisa dipublikasikan di web agar bisa digunakan sebagai acuan sekolah lain juga 

"Web ini juga nanti akan memuat seputar PPDB nanti sebentar lagi, kemudian informasi prestasi dan beasiswa, serta foto dan video yang terlink dengan YouTube," katanya.

Ia berharap, peluncuran website sekolah tersebut bisa menambah daya dorong dalam menghadapi masa sulit pandemi Covid-19 dengan justru membuat kekolah dapat melangkah ke depan lebih baik.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved