Breaking News:

Berita Belitung

Harga Cabai Rawit di Belitung Meroket Hampir Dua Kali Lipat

Harga cabai di pasar tradisional Tanjungpandan Selasa, (23/2) mengalami kenaikan hampir dua kali lipat

Pos Belitung/Disa Aryandi
Harga cabai di pasar tradisional Tanjungpandan, Belitung, selasa (23/2) mengalami kenaikan. 

POSBELITUNG.CO -- Harga cabai di pasar tradisional Tanjungpandan Selasa, (23/2) mengalami kenaikan hampir dua kali lipat. Rata - rata pedagang menjual cabai berkisar Rp 130.000,- hingga Rp 140.000,- perkilogram (Kg).

Namun tidak semua harga cabai sekarang ini mengalami kenaikan. Jenis cabai - cabai tertentu, seperti cabai merah besar, cabai besar hijau tidak mengalami kenaikan alias masih normal.

"Yang mengalami kenaikan itu cabai rawit (cabai lokal Belitung). Ini sudah semingguan lah mengalami kenaikan harga. Kalau saya jual Rp 135.000,- per Kg, biasa hanya Rp 70.000,-, Rp 75.000,- per Kg. Kalau lagi murah betul biasa sampai Rp 50.000,- per Kg," kata Jumie, pedagang cabai di Pasar Tradisional Tanjungpandan kepada Pos Belitung, selasa (23/2).

Adanya kenaikan harga cabai rawit ini, tidak diketahui penyebab pasti. Namun satu di antaranya, lantaran pasokan dari Jakarta sekarang ini berkurang. Sehingga membuat cabai lokal mengalami kenaikan.

"Biasa seperti itu memang, kalau pasokan dari cabai lokal banyak harga cabai dari Jakarta mahal, sebaliknya begitu. Kalau cabai besar kami jual Rp 65.000 per Kg, jadi tidak mengalami kenaikan," ucapnya.

Jumie, membeli cabai untuk dijual kembali itu dari petani Sijuk. Ia membeli seharga Rp 125.000,- per Kg. Namun tidak semua cabai dibeli dari petani tersebut bisa dijual kepada masyarakat.

"Karena pasti ada yang busuk, itu kami buang, jadi kalau beli satu kilogram, pasti menyusut. Kalau pembeli tetap ada walau mahal, hanya saja mereka membeli tidak dalam jumlah banyak, paling hanya satu dua ons saja,"  ujarnya.

Senada, kenaikan harga cabai rawit ini diakui oleh pedagang lain. Rosie, pedagang pasar tradisional Tanjungpandan mengatakan, cabai rawit tersebut mengalami kenaikan sekitar satu pekan belakang.

Pedagang dari penjualan cabai rawit ini, hanya mendapat keuntungan Rp 10.000,- per Kg. Ia membeli cabai tersebut dari petani lokal di Belitung.

"Ya sekitar satu minggu lah naik harga nya. Kalau cabai lain tidak mengalami kenaikan. Cuma cabai rawit saja yang mengalami kenaikan, kami jual Rp 135.000,- per Kg," kata Rosie.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved