Breaking News:

Berita Belitung Timur

Kasus Pelanggaran ITE di Belitung Timur Masih Rendah, Kapolres: Hati-hati Bermedsos

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beberapa waktu lalu memerintahkan jajarannya agar lebih selektif dalam penindakan kasus yang mengarah UU ITE

Posbelitung.co/BryanBimantoro
Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beberapa waktu lalu memerintahkan jajarannya agar lebih selektif dalam penindakan kasus yang mengarah pada pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Menindaklanjuti hal itu, Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo akan tetap mengacu pada petunjuk dari Mabes Polri. Ia mengatakan nantinya akan ada sosialisasi lanjutan kepada para penyidik dalam hal pelaksanaan penanganan pelanggaran-pelanggaran yang terkait dengan kasus ITE.

"Memang kasus pelanggaran UU ITE di Belitung Timur masih cukup rendah. Namun jangan sampai itu membuat masyarakat terlena, tetap hati-hati dan bijak dalam bermedia sosial," tegas Kapolres saat ditemui posbelitung.co, Selasa (23/2/2021).

Jojo bilang di era modern dan dengan media sosial yang semakin terbuka, masyarakat harus lebih selektif dalam penggunaannya. Jangan sampai menciptakan persinggungan antar pengguna media sosial.

Di dalam pergaulan sehari-hari pun, lanjutnya, harus mengutamakan norma-norma sosial dalam bermasyarakat agar tidak saling terganggu.

"Kasus pelanggaran UU ITE kan paling banyak karena kekurangbijakan dari diri kita sebagai makhluk sosial maupun pengguna medsos. Jadi ini yang harus kita kontrol, jangan sampai membawa keburukan bagi kita," kata dia.

Isu UU ITE ini mencuat ke permukaan ketika Presiden Joko Widodo ingin merevisi kembali UU itu karena dianggap banyak mengandung pasal-pasal karet yang dapat menimbulkan berbagai multitafsir dan ketidakadilan dalam penegakan hukum. Fakta tersebut terlihat dari banyaknya peristiwa saling lapor antar sesama masyarakat dengan menggunakan UU ITE tersebut. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved