Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Semua Pasien yang Berobat ke RSUD Belitung Timur akan Diswab Antigen Mulai 1 Maret 2021

Direktur RSUD Belitung Timur dr Vonny Primasari mengatakan akan melakukan aturan tes swab antigen untuk setiap pasien yang ingin beroba

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Ketua DPRD Belitung Timur beserta anggota dewan lainnya saat menerima rombongan RSUD Belitung Timur, Senin (22/2/2021) di Ruang Sidang DPRD Beltim. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR -- Direktur RSUD Belitung Timur dr Vonny Primasari mengatakan akan melakukan aturan tes swab antigen untuk setiap pasien yang ingin berobat ke fasilitas kesehatan (faskes) terbesar di Belitung Timur itu.

Kepada Posbelitung.co, Senin (23/2/2021), rencananya aturan ini mulai berlaku pada 1 Maret 2021 mendatang. Hal ini demi mencegah penyebaran transmisi lokal di Beltim yang semakin luas.

"Sekarang juga sudah berlaku pengetesan swab antigen ini kepada pasien namun untuk pasien yang datang ke UGD," kata dia.

dr Vonny bilang setiap pasien tidak akan dikenakan biaya tambahan ketika aturan ini diberlakukan. Jadi ia meminta masyarakat jangan khawatir karena peraturan ini demi kebaikan dan kesehatan bersama.

Ia mengaku, sudah menyampaikan rencana pengaplikasian aturan ini kepada Pemda, Dinkes, dan DPRD Beltim. Ia pun sudah mendapat persetujuan dari DPRD Beltim, tinggal menunggu respon dari Dinkes dan Pemda.

"Kemarin kami lakukan audiensi dan silaturahmi ke DPRD Beltim untuk menyampaikan rencana ini. Alhamdulillaah responnya positif. Kami akan berusaha maksimal turut mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah rumah sakit. Karena jika tenaga kesehatan sudah terpapar maka proses pengobatan pasien-pasien lain juga bakal terganggu," jelas dr Vonny.

Dihubungi terpisah, Anggota DPRD Beltim Akhiruddin mendukung penuh rencana RSUD Beltim untuk menekan persebaran virus corona. Ia juga berpesan agar tenaga kesehatan bisa menjaga imunitas dan berhati-hati dalam melaksanakan tugas.

"Kesehatan warga yang utama, tapi jangan sampai mengenyampingkan kesehatan diri sendiri juga. Tetap laksanakan prosedur pemeriksaan di masa pandemi secara ketat," pesannya.

Lima Nakes di Puskesmas Gantung Positif Covid

Seorang nakes di Puskesmas Gantung saat melakukan swab antigen, Senin (22/2/2021)
Seorang nakes di Puskesmas Gantung saat melakukan swab antigen, Senin (22/2/2021) (Ist/Puskesmas Gantung)

Sebanyak lima tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Gantung terpapar covid-19 berdasarkan hasil swab antigen.

Halaman
12
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved