Breaking News:

Sertifikat Halal Meningkatkan Kepercayaan Konsumen terhadap Produk UMKM

"Jadi produk UKM kita akan menambah kepercayaan konsumen, nilai jual, dan ekonomis ditingkat nasional maupun internasional," harapnya.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar saat menyerahkan sertifikat halal kepada UMKM di Gedung PLUT, Tanjungpandan, Selasa (23/2/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kabid KUMKM Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja (DKUMKMPTK) Kabupaten Belitung Budi Swasta mengatakan, pihaknya telah memberikan fasilitasi sertifikasi halal.

Lalu sertifikat halal telah diserahkan pada 40 UMKM.

"Nanti akan kami monitoring, termasuk melibatkan perwakilan LPPOM MUI Babel. Melihat apa mereka (UMKM) menerapkan sistem jaminan halal seperti halnya saat mereka bisa lulus audit halal," kata dia, Selasa (23/2/2021).

"Akan kami monitoring dan evaluasi UMKM yang sudah menerima sertifikat halal," tegasnya.

Menurutnya, setelah mendapat sertifikat halal nantinya UMKM akan menempel logo halal pada kemasan produk.

Kemudian bisa meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga UMKM naik kelas, agar konsumen yang melihat bisa yakin dan percaya produk ini benar-benar halal. 

"Arahnya wisata halal, kami mendukung menjadikan Belitung sebagai destinasi halal," imbuhnya.

Ia berharap adanya fasilitasi sertifikasi halal ini menambah banyak geo-product dari UKM dalam mendukung status Belitung yang rencananya April nanti ditetapkan sebagai UGG (UNESCO Global Geopark).

"Jadi produk UKM kita akan menambah kepercayaan konsumen, nilai jual, dan ekonomis ditingkat nasional maupun internasional," harapnya.

Sementara itu Staf Bidang KUMKM DKUMKMPTK Kabupaten Belitung Fita Elyana mengatakan agar mendapat fasilitasi sertifikasi halal, UMKM harus memenuhi persyaratan seperti memiliki IUMK dan NIB, PIRT, atau merek dagang (MD) dari BPOM.

Halaman
12
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Novita
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved