Breaking News:

Bijak Mengkonsumsi Obat, Sebab Bisa Ketergantungan dan Alami Kerusakan Organ Tubuh

Penyalahgunaan Obat adalah penggunaan obat yang tidak sesuai dengan seharusnya. Penyalahgunana Obat merupakan tindakan konsumsi obat dengan jumlah

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: Eltjandring
ist
Cinta Indonesia Tolak Penyalahgunaan Obat 

POSBELITUNG.CO - Penyalahgunaan Obat adalah penggunaan obat yang tidak sesuai dengan seharusnya.

Penyalahgunana Obat merupakan tindakan konsumsi obat dengan jumlah berlebihan dengan maksud dan tujuan lain.

Penyalahgunaan obat biasanya terjadi karena mekanisme kerja suatu obat di mana membuat suatu obat tersebut dapat menghasilkan efek selain indikasi utamanya.

Salah satunya dari efek Psikotropika yang digunakan secara berlebihan, akan menyebabkan ketergantungan secara fisik dan psikis, kerusakan organ tubuh, dan bahkan kematian.

Contoh obat yang sering disalahgunakan adalah Dextromethorphan.

Salah satu dampak yang dihasilkan apabila mengkonsumsi Dextromethorphan secara berlebihan adalah disorganisasi pikiran, kadang disertai dengan paranoid, menarik diri dari lingkungan, dapat pula meningkatkan mood walaupun efek ini tidak selalu terjadi dan sering kali tidak terkontrol.

Selain Obat yang disalahgunakan, ada pula obat ilegal.

Obat ilegal merupakan obat yang tidak memiliki izin edar Badan POM sehingga tidak terjamin keamanan, mutu dan khasiatnya. Obat palsu termasuk obat illegal.

BAGAIMANA MENGETAHUI OBAT PALSU ATAU ASLI?

1. Selalu membeli obat di tempat resmi seperti Apotek dan Toko Obat. Atau bisa melalui pemeriksaan di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit. Pembelian obat Golongan Narkotika, Psikotropika, dan Obat Keras HARUS dengan menggunakan resep dokter.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved